Agustina, Tri (2016) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI GERAI DINAR PEKALONGAN. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
10 BAB I.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
11 BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
12 BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB IV.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Kualitas lembaga keuangan syariah berbasis logam mulia pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh faktor manajemen. Totalitas kinerja dan pencapaian (achievement) akan terlihat ketika sebuah lembaga menerapkan prinsip total quality management (TQM). Gerai Dinar Pekalongan adalah lembaga keuangan berbasis dinar dirham yang berusaha untuk mengedukasi dan memfasilitasi masyarakat dalam berinvestasi logam mulia. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, yaitu (1) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perencanaan kualitas (quality planning)?, (2) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan pengendalian kualitas (quality control)?, dan (3) bagaimana strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam melakukan perbaikan atau peningkatan kualitas (quality improvement)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi Gerai Dinar Pekalongan dalam perencanaan kualitas (quality planning), pengendalian kualitas (quality control), dan perbaikan/peningkatan kualitas (quality improvement). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerai Dinar Pekalongan belum sepenuhnya menerapkan prinsip TQM sesuai yang dikemukakan oleh J.M. Juran dalam trilogi kualitasnya. Implementasi TQM di lembaga ini hanya terfokus pada beberapa aspek (indikator trilogi kualitas Juran), seperti identifikasi pelanggan eksternal dengan tidak secara khusus menciptakan keistimewaan produk, tingkat kualitas kinerja diukur dengan mengevaluasi laporan keuangan dan kedisiplinan, kepuasan nasabah diukur menggunakan survey (angket), motivasi peningkatan kualitas kinerja dengan briefing harian dan tilawah Al Quran secara bergiliran, pemberian reward atas prestasi kerja, pelatihan untuk meningkatkan skill bersifat insidental, peninjauan kemajuan, publikasi pencapaian prestasi kerja, ekspansi bisnis secara masif dilakukan oleh Gerai Dinar Pekalongan dalam rangka meningkatkan kualitas lembaga.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | implementasi, total quality management |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management |
| Divisions: | Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi D3 Perbankan Syariah (PBS) |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 06 Sep 2016 03:26 |
| Last Modified: | 21 Apr 2017 01:56 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/997 |
Actions (login required)
| View Item |