Triyono, Bambang (2015) PENGGUNAAN STRATEGI DAN METODE OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI. Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER Baru.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
3.a. PERSETUJUAN SIDANG I.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
3.b. PERSETUJUAN SIDANG II.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
||
|
Text
17. BAB V.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Tesis ini mengkaji penggunaan strategi dan metode oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Pembahasan tesis ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa jauh penggunaan strategi dan metode oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang, strategi seorang guru sangat dibutuhkan untuk menunjang kualitas anak didik baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik. Adapun strategi dan metode yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Uujami Pemalang di antaranya strategi yang disampaikan dalam proses kegiatan belajar mengajar dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengamatan, pengawasan dan yang terakhir evaluasi yang kedua strategi guru dalam penyampaian pembhelajaran. Hal ini mencakup lingkungan fisik, guru, bahan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran. Adapun startegi dan metode yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran khususnya di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang di antaranya adalah metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, metode tauladan dan sebagainya. Dalam hal ini penulis mencoba merumuskan masalah sebagai berikut : bagaimana guru PAI menggunakan straegi dan metode dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penggunaan strategi dan metode oleh guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan strategi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. untuk mendeskripsikan penggunaan metode oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Kegunaan atau manfaat yang diambil dalam penelitian ini yaitu secara teoritis penelitian ini akan berguna bagi perumusan konsep tentang strategi dan metode guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah. Adapun secara praktis hasil penelitian ini menjadi bahan masukan berharga bagi praktisi pendidikan, guru PAI, kepala sekolah, para pendidik, siswa dan karyawan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan vii dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif yang dilakukan melalui tiga tahapan kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain. Proses analisis dibagi menjadi tiga komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang melatarbelakangi dari penelitian ini adalah keadaan siswa yang ada di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang. Peserta didik yang ada di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung siswa-siswanya kurang bersemangat dalam belajarnya di kelas dan ada sebagian siswa yang malas untuk belajar. Untuk itu perlu dicarikan solusi yang terbaik agar siswa-siswa itu menjadi semangat lagi dalam belajarnya. Solusi yang sementara ini dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Ulujami Pemalang yaitu dengan penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang tepat dan efektif kepada siswa itu sendiri.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penggunaan strategi dan metode oleh guru, Kualitas pembelajaran PAI |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 13 Aug 2016 04:00 |
| Last Modified: | 23 Dec 2016 01:04 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/911 |
Actions (login required)
| View Item |