TELAAH KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SALAF AL ARIFIYAH KEBULEN PEKALONGAN DAN PONDOK PESANTREN MODERN DAARU ULIL ALBAAB TEGAL (STUDI PERBANDINGAN DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DAN PONDOK PESANTREN MODERN)

Qulub, Anisatul (2014) TELAAH KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN SALAF AL ARIFIYAH KEBULEN PEKALONGAN DAN PONDOK PESANTREN MODERN DAARU ULIL ALBAAB TEGAL (STUDI PERBANDINGAN DI PONDOK PESANTREN TRADISIONAL DAN PONDOK PESANTREN MODERN). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (85kB) | Preview
Preview
Text
2 PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (495kB) | Preview
Preview
Text
3 NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (514kB) | Preview
Preview
Text
4 PENGESAHAN.pdf

Download (683kB) | Preview
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
Preview
Text
10 DAFTAR_ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
Preview
Text
11 BAB_I.pdf

Download (152kB) | Preview
Preview
Text
12 BAB_II.pdf

Download (191kB) | Preview
Preview
Text
13 BAB_III.pdf

Download (188kB) | Preview
Preview
Text
14 BAB_IV.pdf

Download (143kB) | Preview
Preview
Text
15 BAB_V.pdf

Download (93kB) | Preview
Preview
Text
16 DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Kurikulum atau rancangan merupakan suatu ciri utama dan merupakan syarat mutlak dalam pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu instrumen dari suatu lembaga pendidikan, termasuk pendidikan pesantren. kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan. Jika kurikulum merupakan syarat mutlak, berarti kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan. Komponen dalam kurikulum diantaranya: Tujuan, Materi, Metode, Media, Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tradisional, mendeskripsikan bagaimana kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern, mendeskripsikan persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren tradisional dan modern. Metode Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Jenis analisis data yang digunakan yaitu deksriptif induktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem Kurikulum Pondok Pesantren Salaf menggunakan sistem pendidikan agama. Sedangkan Sistem Kurikulum Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, secara keseluruhan menggunakan perpaduan dua sistem, sistem pendidikan agama dengan mengacu pada Kurikulum Pondok Modern Gontor, dan sistem pendidikan umum yang mengacu pada Kurikulum pendidikan Nasional. Masing-masing pondok pesantren salaf dan modern mempunyai komponen penting yang harus ada yaitu adanya tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Persamaan pada kedua pondok yaitu PPS Al Arifiyah Pekalongan dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal mempunyai satu tujuan umum yaitu sama-sama membangun karakter insan yang mengetahui, mengerti dan memahami agama Islam selain itu juga pada aspek bahasa Arab baik bahasa Arab yang bersifat teori ataupun praktiknya. Sedangkan perbedaannya yaitu pada tujuan akhir pembelajaran bahasa Arab PPS Al Arifiyah Pekalongan berorientasi dalam mempelajari al qur’ān dan membaca kitab dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal lebih memfokuskan peranan bahasa Arab sebagai bahasa komunikatif. Pembelajaran bahasa Arab di PPS Al Arifiyah menggunakan metode tata bahasa dan terjemah (qawā’id tarjamah). Sedangkan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal menggunakan metode langsung (taṭ riqah almubasyirah/ direct method).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pembelajaran bahasa Arab pondok pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 10 Aug 2016 04:18
Last Modified: 30 Jan 2017 06:27
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item