Setianingrum, Sri (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYAH PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
7. HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama merupakan bimbingan dan latihan untuk membiasakan anak bersifat dan bertingkah laku baik dengan cara memberi teladan yang baik. Pada umumnya, siswa merasa puas terhadap nilai yang tinggi walaupun tidak dibarengi dengan pengamalan sehari-hari. Dewasa ini di lingkungan sekolah ada berbagai kenakalan remaja seperti membolos, merokok, baju dikeluarkan, dan masih banyak lagi.. MASS Proto Kedungwuni Pekalongan tidak luput dari kenakalan-kenakalan tersebut untuk itu pihak sekolah berupaya membentuk akhlak siswa menjadi lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? Dan bagaimana pencapaian keberhasilan pendidikan agama islam yang dicapai? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu di MASS Proto kedungwuni Pekalongan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi pada permasalahan yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. menggunakan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam membentuk akhlak siswa dengan dua cara yaitu dari dalam kelas dan dari luar kelas. Keemudian untuk nilai akademik siswa-siswi MASS Proto termasuk pada kategori baik dan memiliki tingkah laku yang baik pula. Sedangkan untuk faktor pendukung pembentukan akhlak di MASS Proto adalah adanya kerjasama yang baik seluruh warga sekolah serta adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan wali murid. Dan faktor penghambatnya adalah terdiri dari faktor lingkungan, faktor keluarga dan faktor perkembangan IPTEK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAI, Karakter |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 08:55 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 06:56 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |