IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYAH PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Setianingrum, Sri (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA DI MA SALAFIYAH SYAFI’IYAH PROTO KEDUNGWUNI PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (191kB) | Preview
Preview
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (267kB) | Preview
Preview
Text
3. HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (283kB) | Preview
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (342kB) | Preview
Preview
Text
7. HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (404kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (256kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan agama merupakan bimbingan dan latihan untuk membiasakan anak bersifat dan bertingkah laku baik dengan cara memberi teladan yang baik. Pada umumnya, siswa merasa puas terhadap nilai yang tinggi walaupun tidak dibarengi dengan pengamalan sehari-hari. Dewasa ini di lingkungan sekolah ada berbagai kenakalan remaja seperti membolos, merokok, baju dikeluarkan, dan masih banyak lagi.. MASS Proto Kedungwuni Pekalongan tidak luput dari kenakalan-kenakalan tersebut untuk itu pihak sekolah berupaya membentuk akhlak siswa menjadi lebih baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran mata pelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa di MASS proto kedungwuni pekalongan? Dan bagaimana pencapaian keberhasilan pendidikan agama islam yang dicapai? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu di MASS Proto kedungwuni Pekalongan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu penulis berusaha menggambarkan fenomena yang terjadi pada permasalahan yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis Data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. menggunakan pola berpikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam membentuk akhlak siswa dengan dua cara yaitu dari dalam kelas dan dari luar kelas. Keemudian untuk nilai akademik siswa-siswi MASS Proto termasuk pada kategori baik dan memiliki tingkah laku yang baik pula. Sedangkan untuk faktor pendukung pembentukan akhlak di MASS Proto adalah adanya kerjasama yang baik seluruh warga sekolah serta adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan wali murid. Dan faktor penghambatnya adalah terdiri dari faktor lingkungan, faktor keluarga dan faktor perkembangan IPTEK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAI, Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:55
Last Modified: 21 Dec 2016 06:56
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item