HUBUNGAN MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MENSPIT (MENTAL SPIRITUAL) DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Anisah, Anisah (2014) HUBUNGAN MINAT SISWA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MENSPIT (MENTAL SPIRITUAL) DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER JUDUL.pdf

Download (839kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (9kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (28kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (75kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (89kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (672kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
Preview
Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) merupakan ekstrakurikuler berbasis keagamaan yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan minat siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang. Melalui ekstrakurikuler ini siswa tidak hanya dapat memperdalam ilmu pengetahuan Agama, tetapi juga dapat menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) membantu guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana minat siswa mengikuti Ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) di SMA Negeri 1 Batang, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang diperoleh siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dan bagaimana hubungan minat siswa mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data menggunakan statistik product moment. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diketahui : Pertama, siswa yang berminat mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil angket sebanyak 37 % dengan rata-rata 81 yang terletak pada interval 77-83. Kedua, prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang dicapai siswa dari aspek pengetahuan berada dalam kategori baik karena dibuktikan dari nilai rapor sebanyak 20 % dengan nilai rata-rata 91 yang terletak pada interval 90-93. Ketiga,ada hubungan positif antara minat siswa mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang menghasilkan rxy / rh = 0,352 yang terletak pada interpretasi nilai “r” antara 0,21 – 0,40 yang menurut tabel patokan variabel X dan variabel Y terdapat hubungan positif yang lemah antara minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Setelah membandingkan nilai (rxy/rh) dengan nilai (rt) pada tabel “r” pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil yang signifikan antara nilai-nilai rh dengan rt pada taraf signifikan 5% dengan nilai rt adalah 0,291. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Jadi, terdapat hubungan positif yang lemah antara minat siswa mengikuti ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual) dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat, ekstrakurikuler Menspit (Mental Spiritual), prestasi belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 02 Aug 2016 00:43
Last Modified: 02 Aug 2016 00:43
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item