PANDANGAN IBNU RUSYD TENTANG EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN

Rina, Dina (2014) PANDANGAN IBNU RUSYD TENTANG EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1 HLM. JUDUL.pdf

Download (90kB) | Preview
Preview
Text
2 PERNYATAAN.pdf

Download (816kB) | Preview
Preview
Text
3 NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (474kB) | Preview
Preview
Text
4 PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
Preview
Text
10 BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
Preview
Text
11 BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
Preview
Text
12 BAB III.pdf

Download (453kB) | Preview
Preview
Text
13 BAB IV.pdf

Download (243kB) | Preview
Preview
Text
14 BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Sejarah mencatat pemikiran dan filsafat Islam mampu mencapai puncak kebesaran pada abad-abad pertengahan, salah satu faktor utamanya adalah karena tokoh-tokoh yang berkecimpung di dalamnya mampu menguasai dan mengembangkan metodologi berpikir secara baik. Begitu pula yang terjadi di Barat, pemikiran dan peradaban Barat bisa mencapai kemajuan yang demikian mengagumkan seperti saat ini, karena mereka menguasai dan mampu mengembangkan persoalan epistemologis. Berdasarkan hal tersebut, telah dibutuhkan pemikiran dan konsep-konsep epistemologi yang baik jika ingin mengembangkan kembali ilmu-ilmu keislaman. Khazanah pemikiran Islam mencatat beberapa tokoh pemikir muslim abad pertengahan ternyata telah melangkah kearah itu. Salah satunya adalah Ibnu Rusyd seorang tokoh cendikiawan muslim yang konsep pemikirannya tentang pendidikan Islam bisa dijadikan referensi untuk memperbaiki serta memajukan pendidikan Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana epistemologi pendidikan menurut Ibnu Rusyd. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui epistemologi pendidikan Ibnu Rusyd. Kemudian kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan fakta yang benar mengenai pandangan Ibnu Rusyd tentang epistemologi pendidikan (cara memperoleh ilmu pengetahuan) sehingga dapat menjawab permasalahan yang komprehensif dan memberikan kontribusi pemikiran bagi seluruh pemikir keintelektualan dalam pendidikan Islam sehingga bisa memberikan gambaran ide bagi pemikir pemula. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan penelitian tematis yaitu aktivitas seseorang dideskripsikan berdasarkan sejumlah tema (topik) yang menggunakan konsep-konsep yang biasanya dipakai untuk mempelajari suatu bidang keilmuan tertentu. Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset pustaka (library research) dan dari data-data tersebut penulis analisis dengan metode pola berfikir induktif. Hasil penelitian ini adalah bahwa epistemologi pendidikan menurut Ibnu Rusyd meliputi sumber pengetahuan, yang berasal dari wahyu (teks suci) dan realitas (kenyataan). Kemudian cara mendapatkan pengetahuan yaitu dengan cara pembentukan teori (tashawwur) dan penalaran logis. Terakhir validitas pengetahuan yang ditentukan melalui dua macam cara, yaitu dengan menggunakan keunggulan premis dan untuk mengenal Tuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ibnu Rusyd dan Epistemologi Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:27
Last Modified: 30 Nov 2016 07:03
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item