Nikmah, Ismi Zulfatun (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI DESA PAGUMENGANMAS KEC. KARANGDADAP KAB. PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1 COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
3.NOTA PEMBIMBING.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9 DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi nyadran di desa Pagumenganmas kec. Karangdadap kab. Pekalongan dengan alasan bahwa tradisi nyadran sudah banyak ditinggalkan oleh sebagian masyarakat jawa. Meski pada masyarakat desa Pagumenganmas masih menjalankan tradisi tersebut, namun beberapa masyarakat masih belum memahami nilai-nilai pendidikan dari tradisi yang mereka jalankan. Selain itu perlu adanya usaha untuk mengungkap nilai-nilai yang sudah terlupakan oleh masyarakat dan pada masyarakat Jawa khususnya. Nilai-nilai dan norma-norma yang termasuk dari bagian pendidikan kehidupan yang tumbuh dalam masyarakat, berguna untuk menjaga keseimbangan dan keserasian serta keselarasan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan tradisi nyadran di desa Pagumenganmas kec. Karangdadap kab. Pelakongan, bagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi nyadran di desa Pagumenganmas kec. Karangdadap kab. Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tradisi nyadran di desa Pagumenganmas, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi nyadran di desa Pagumenganmas kec. Karangdadap kab. Pekalongan. Secara teoritis penelitian ini berguna untuk memperkaya khazanah perpustakaan tentang tradisi yang ada di jawa dan untuk menambah pengetahuan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi nyadran. Secara praktis dapat dijadikan sebagai alternatif informasi bagi yang berminat mengadakan penelitian tentang tradisi nyadran, terutama nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam tradisi nyadran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview atau wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam pelaksanaan tradisi nyadran di desa Pagumenganmas. Diantaranya nilai pendidikan Ibadah pada prosesi ziarah kubur dan pembacaan yasin dan tahlil, nilai pendidikan akhlak dan sosial pada tradisi kerja bakti antar warga, saling kirim makanan, mengunjungi makam, membersihkan makam, menabur bunga di atas makam, dan ritual kenduri/slametan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Tradisi, Nyadran |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 29 Jul 2016 00:42 |
| Last Modified: | 29 Nov 2016 01:49 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
| View Item |