Rizal, Saifur (2014) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI SALAFIYAH PUCUNG KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1.cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2.Pernyataan Keaslian.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
3.nota Pembimbing.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
4.pengesahan.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
9.DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
10.BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
11.BAB II.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB III.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB IV.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB V.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (74kB) | Preview |
Abstract
Sebagai guru kompeten dan profesional diharuskan memiliki standar kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut memungkinkan pendidik mampu menjalankan profesi keguruanya. Guru Pendidikan Agama Islam di MI Salafiyah Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan sudah memilki keempat standar kompetensi yang ditetapkan. Namun, dalam hal kompetensi profesional masih belum terpenuhi.Salah satunya adalah beberapa guru belum memiliki ijazah sarjana. Dalam penelitian ini, yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam MI Salafiyah Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Bagaimana upaya peningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam MI Salafiyah Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitiannya adalah mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam MI Salafiyah Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, mengetahui upaya yang dilakukan baik pihak sekolah maupun guru secara pribadi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam MI Salafiyah Pucung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi pada saat pembelajaran PAI dengan memperhatikan indikator kompetensi profesional yaitu: memilki standar kualifikasi akademik, menguasai bahan studi, menguasai media pembelajaran, pengelolaan kelas dan memahami karakteristik siswa. dokumentasi administrasi guru PAI dan wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI dan siswa dalam hal kompetensi profesional dan upaya peningkatanya. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa hanya satu dari empat indikator kompetensi profesional yang sudah terpenuhi oleh guru Pendidikan Agama Islam yaitu kemampuan dalam menguasai bahan studi. Adapun upaya kepala sekolah dalam meningkatkanya dengan memberikan pembinaan secara kelompok seperti pembinaan rutin kepala sekolah sebagai evaluasi kinerja, rapat dinas kepala sekolah, kegiatan Kelompok Kerja Guru(KKG) dan mengikut sertakan guru Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan diklat dan seminar pendidikan yang diselengarakan Depag maupun Ma’arif NU Cabang Kabupaten Pekalongan. Selain itu saha pribadi guru PAI dengan membaca refrensi buku ilmu mengajar dan melanjutkan pendidikan S1 Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Profesional, Peningkatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 01:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 01:01 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/768 |
Actions (login required)
View Item |