PENERAPAN MAHARATUL KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT ULUL ALBAB KOTA PEKALONGAN

Widiyawati, Erna (2015) PENERAPAN MAHARATUL KALAM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SDIT ULUL ALBAB KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (232kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (796kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (919kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (538kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (270kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Banyak siswa yang mengeluh dalam mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit, bahkan memandangnya sebagai momok. Hal demikian menjadi tantangan dalam dunia pendidikan Indonesia, khususnya sekolah-sekolah agama, STAIN atau perguruan tinggi lainnya, dimana selama enam hingga sepuluh tahun belajar bahasa Arab ternyata tidak bisa juga. Sekolah yang dijadikan penelitian ini yaitu SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Ulul Albab kota Pekalongan. Sekolah ini berada di jalan Manunggal Kraton, kota Pekalongan. Sekolah ini menggunakan perpaduan dua kurikulum, yaitu kurikulum yang berasal dari dinas dan kurikulum dari JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) yang tersebar di seluruh Indonesia. Kurikulum dari JSIT ini lebih menekankan kepada pelajaran agama dan tambahan bahasa asing yaitu bahasa Arab. Sesuai dengan judul penelitian diatas, maka permasalahan yang dirumuskan adalah sebagai berikut: bagaimana penerapan maha>ratul kala>m dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan maha>ratul kala>m dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Ulul Albab kota Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab di SDIT berjalan dengan cukup lancar. Sedangkan untuk menerapkan maha>ratul kala>m belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh waktu pertemuan pembelajaran bahasa Arab semakin berkurang dari 3 jam pelajaran menjadi 2 jam pelajaran. Sehingga kesempatan untuk maha>ratul kala>m menjadi berkurang. Bentuk penerapan maha>ratul kala>m di SDIT Ulul Albab berbentuk hiwar (percakapan). Sedangkan faktor yang mendukung dari luar adalah maha>ratul kala>m kepala sekolah, para guru, motivasi/dukungan dari guru bahasa Arab, dan dukungan penuh dari keluarga, semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor yang menghambat dari luar beban mata pelajaran yang banyak dan waktunya yang semakin berkurang dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Maharatul Kalam, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 20 Jul 2016 05:55
Last Modified: 19 Oct 2016 02:01
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item