Ni’mah, Musfirotun (2015) PENGARUH METODE PEMBIASAAN MEMBACA AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK SISWA MTS N PETARUKAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1.COVER.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (17MB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (16MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB V.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Metode pembiasaan sebagai salah satu metode pendidikan yang dianjurkan dalam al Qur’an dan hadits di antara beberapa metode lainnya. Upaya memudahkan hafalan Al Qur’an maka diperlukan metode yang bisa menunjang hafalan. MTs N Petarukan merupakan sekolah yang menerapkan metode pembiasaan membaca Al Qur’an dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek dan do’a sehari-hari bagi siswa. Permasalahan yang dibahas meliputi metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan, kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, serta pengaruh metode pembiasaan membaca al Qur’an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Adapun tujuan dalam pendelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan, kemampuan Menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, dan pengaruh metode pembiasaan membaca al Qur’an terhadap kemmapuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes lisan. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan membaca al Qur’an di MTs N Petarukan termasuk dalam kategori baik. Hal ini di tunjukkan dari rata 50 yang terletak pada interval 50-52. Sedangkan kemampuan mengahfal surat-surat pendek siswa MTs N termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata 71 yang terletak pada interval 70-73. Metode pembiasaan membaca al Qur’an mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan t0 = 3,05 lebih besar dari tt pada taraf signifikan 1% = 2,728 dan nilai tt pada taraf signifikan 5% = 2,032 sehingga dapat disimpulkan bahwa Hο ditolak Ha diterima. Sementara itu besarnya presentase pengaruh metode pembiasaan membaca al-Qur’an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek adalah 48,4 %. Sedangkan sisanya 51,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Kemampuan Menghafal |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 00:48 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 11:52 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/662 |
Actions (login required)
View Item |