Syaqila, Novi Syafa’atul (2015) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPA AISYIYAH PEKAJANGAN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 4.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 5.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Didalam masyarakat telah banyak berkembang metode-metode pembelajaran Al- Qur’an yang masing-masing bertujuan agar anak didik dapat mempelajari Al-Qur’an dengan mudah dan menghasilkan anak didik yang mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum tajwid. Diantara metode-metode tersebut antara lain adalah metode al-banjari, metode baghdadiyah, metode iqro’, metode al-barqy, metode an-nahdliyah, dan metode Qiro’ati. Dari bermacam-macam metode salah satunya adalah metode Iqro’. Metode ini lahir dari lembaga pendidikan Muhammadiyyah di kota gede Yogyakarta pada awal tahun 1988 yang dipelopori oleh bapak KH. As’ad Human Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam Pembelajaran Al-Qur’an di TPA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan, dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode Iqro’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di TPA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Metode Iqro’ dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan sudah dilaksanakan dengan baik, dilihat dari cara pendidik memberikan pelajaran kepada peserta didik sesuai dengan buku panduan mengajar bagi pendidik, serta hasil prestasi yang diperoleh peserta didik rata-rata adalah 70-80, dan termasuk dalam kategori baik. Dalam penerapan metode Iqro’ dalam pembelajran Al-Qur’an di TPA Aisyiyah Pekajangan Pekalongan terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor pendukung diantaranya kemampuan pengeloaan kelas dan ilmu pengetahuan yang dimilki oleh pendidik cukup baik, sarana dan prasarana yang memadai, adanya pelatihan pendidik, adanya evaluasi dari pengurus cabang, dan adanya buku panduan mengajar bagi pendidik. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya kurangnya kedisplinan pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran, tingkat konsentrasi dan daya tangkap peserta didik yang berbeda-beda serta administrasi peserta didik yang relatif rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Iqro’,dan Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 00:44 |
Last Modified: | 28 Nov 2016 05:16 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/644 |
Actions (login required)
View Item |