PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MIS GUMAWANG WIRADESA PEKALONGAN

Wildan, Muhammad. (2015) PENGARUH PENERAPAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS V MIS GUMAWANG WIRADESA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (13kB) | Preview
Preview
Text
2 HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (45kB) | Preview
Preview
Text
3 HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (52kB) | Preview
Preview
Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (675kB) | Preview
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
Preview
Text
10 BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
Preview
Text
11 BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
Preview
Text
12 BAB III.pdf

Download (728kB) | Preview
Preview
Text
13 BAB IV.pdf

Download (352kB) | Preview
Preview
Text
14 BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Sikap displin memang tidak mudah untuk ditanamkan pada setiap individu. Untuk menumbuhkembangkan kesadaran berdisiplin dalam proses belajar mengajar sekolah, sekolah menerapkan aturan-aturan atau tata tertib yang didalamnya terdapat kewajiban peserta didik serta sanksi bagi yang melanggar. Keberhasilan dalam proses belajar dapat diketahui dari prestasi yang dicapai oleh siswa, dikarenakann prestasi belajar merupakan hasil yang telah dilakukan atau dikerjakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana kedisiplinan siswa kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Bagaimana pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Kedisiplinan Siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan, Untuk mendiskripsikan pengaruh Kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas V MIS Gumawang Wiradesa Pekalongan. Kegunaan penelitian ini dapat menambah wacana dalam peningkatan kedisiplinan siswa serta Dapat mengetahui prestasi belajar siswa. Jenis penilitian ini adalah menggunakan studi lapangan (field research. sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah interview, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penilitian ini menunjukan : pertama, Kedisiplinan (Variabel X) termasuk pada kategori baik, Hal ini ditunjukkan dari nilai angket tentang kedisiplinan siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak (Variabel X) sebesar 69 berada pada kelas interval 69-74 yang berarti berada pada kategori baik. Kedua, Prestasi Belajar Siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas v (Variabel Y) adalah termasuk dalam kategori cukup, Hal ini ditunjukan dari rata-rata nilai raport semester genap 2014/2015 sebesar 74 terletak pada kelas interval 74-79 yang termasuk pada kategori cukup. Ketiga, Hasil analisis regresi menggunakan program SPSS 16 didapatkan hasil persamaan regresi Y = 3,979 + 0,988 X. Hal ini menunjukan bahwa secara matematis setiap peningkatan pada kedisiplinana (variabel X) berakibat pada peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas v (variabel Y), jadi semakin baik kedisiplinan siswa maka semakin baik pula nilai prestasi belajar siswa dalam mapel aqidah akhlak kelas v MIS Gumawang-Wiradesa-Pekalongan. Maka hipotesis yang diajukan oleh penulis teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan dan prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 11 Jul 2016 07:11
Last Modified: 12 Jul 2016 01:47
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/620

Actions (login required)

View Item