PENGARUH PEMBELAJARAN BTQ TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL PAI DI SD KANDANG PANJANG 01 PEKALONGAN

Bahrudin, Ichsan (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BTQ TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL PAI DI SD KANDANG PANJANG 01 PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (13kB) | Preview
Preview
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (221kB) | Preview
Preview
Text
3. HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (458kB) | Preview
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (679kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Alquran adalah pedoman dan tuntunan hidup umat Islam, baik sebagai individu maupun sebagai umat. Sebagai pedoman dan tuntunan hidup, Alquran diturunkan Allah SWT bukan hanya sekedar untuk dibaca secara tekstual, tetapi Alquran untuk dipahami, dihayati serta diamalkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Alquran berisi pesan-pesan edukatif yang disampaikan dengan berbagai macam metode, dan dari sinilah dibutuhkan adanya pembelajaran BTQ (Baca Tulis Alquran) di sekolah-sekolah setiap paginya, yang hal ini kiranya yang berkaitan dengan materi Alquran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Nilai BTQ SD Kandang Panjang 01 Pekalongan, bagaimana Prestasi Belajar Mapel PAI di SD Negeri Kandang Panjang 01 Pekalongan, bagaimana korelasi antara Nilai BTQ dengan Prestasi Belajar Mapel PAI di SD Kandang Panjang 01 Pekalongan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Nilai BTQ SD Kandang Panjang 01 Pekalongan, untuk mengetahui Prestasi Belajar Mapel PAI di SD Negeri Kandang Panjang 01 Pekalongan, untuk mengetahui korelasi antara Nilai BTQ dengan Prestasi Belajar Mapel PAI di SD Kandang Panjang 01 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai BTQ di SD Negeri Kandang Panjang 01 Pekalongan adalah baik. Kedua, Prestasi Belajar PAI di SD Negeri Kandang Panjang 01 Pekalongan adalah sangat baik. Ketiga, terdapat korelasi yang kuat antara Nilai BTQ dengan Prestasi Belajar pada Mapel PAI di SD Kandang Panjang 01 Pekalongan terdapat korelasi yang kuat. Setelah dilakukan penelitian diperoleh bahwa nilai xy r sebesar 0,848, dalam pedoman interpretasi nilai r terletak pada interval 0,700 – 0,900, sehingga dapat disimpulkan bahwa antar variabel terdapat korelasi yang kuat. Peneliti menguji hasil penelitian tersebut pada taraf kesalahan 5 % dan 1%. Pada tingkat kesalahan 5 %, t r sebesar 0,344, berarti 0,848 > 0,344 atau rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1%, t r sebesar 0,442, berarti 0,848 > 0,442 atau rxy > t r , maka o H ditolak, a H diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik penghitungan pada tingkat kesalahan 5 % dan 1 % memiliki interpretasi sama, bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Nilai BTQ dengan Prestasi Belajar pada Mapel PAI di SD Kandang Panjang 01 Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara Nilai BTQ dengan Prestasi Belajar pada Mapel PAI di SD Kandang Panjang 01 Pekalongan) dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran BTQ dan Prestasi Belajar PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 23 Jun 2016 02:09
Last Modified: 10 Nov 2016 00:58
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item