Mugiono, M (2011) IMPLEMENTASI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) DI MADRASAH (STUDI DI MTs AGUNG ALIM BLADO KABUPATEN BATANG). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Skripsi.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II, skripsi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Skripsi.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Skripsi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka dll.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pemerintah telah bergulir melalui PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), di dalamnya antara lain mengamanatkan bahwa kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Kurikulum yang harus dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan disebut KTSP. Salah satu indikator dari sekian banyak indikator dalam KTSP, adalah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kriteria Ketuntasan Minimal dalam muatan kurikulum merupakan dokumen dan acuan yang harus ada dan dipersyaratkan dalam KTSP, oleh karena itu sekolah/madrasah harus menetapkan KKM, dan tercapai memenuhi standar nasional. Namun instrumen dan teori tentang KKM masih dilihat secara apriori, sehingga belum memberi dampak yang signifikan bagi peningkatan mutu pendidikan, implementasi KKM diasumsikan sebagai istilah baru, perbedaan peresepsi dan minimnya pedoman dalam menafsirkan KKM menjadi permasalahan dan penyebab rendahnya nilai KKM yang dicapai oleh mata pelajaran, terbukti dari beberapa mapel tertentu masih jauh di bawah KKM nasional. Itu berarti bahwa penetapan KKM sebagai target yang akan dicapai oleh satuan pendidikan belum memberikan kontribusi terhadap keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar dan pencapaian standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sebagaimana yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah yang diteliti adalah, bagaimana KKM di MTs Agung Alim Blado?, bagaimana Implementasi Kriteria Ketuntasan Minimal di MTs Agung Alim Blado? dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penetapan KKM?. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal di MTs Agung Alim Blado; untuk mengungkap Impelementasi Kriteria Ketuntasan Minimal di MTs Agung Alim Blado; dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan KKM di MTs Agung Alim Blado. Adapun kegunaanya adalah untuk memberikan pemahaman lebih luas cara menetapkan KKM mata pelajaran di satuan pendidikan, dan mendorong peningkatan mutu pendidikan melalui penetapan KKM yang optimal sehingga meningkat secara bertahap. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mexed method research. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi, interviu, dan dokumentasi. Dianalisis dengan teknik analisa data deskriptif kualitatif dan deskriftif kuantitatif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi KKM di MTs Agung Alim Blado dalam katagori cukup, ketuntasan belajar peserta didik pada tahun pelajaran 2010/2011 tercapai 100%, dengan prosentase ketuntasan terdiri dari; 27,2% tuntas sama dengan KKM sekolah, 57,5% tuntas diatas KKM sekolah, dan 15,3% tuntas mencapai KKM nasional.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 22 Apr 2016 03:10 |
| Last Modified: | 22 Apr 2016 03:10 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/54 |
Actions (login required)
| View Item |