STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG

Umlikhah, . (2015) STRATEGI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI DI KECAMATAN WONOTUNGGAL BATANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER JUDUL TESIS.pdf

Download (41kB) | Preview
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (488kB) | Preview
Preview
Text
3. PERSETUJUAN UNTUK SIDANG TESIS(SCAN).pdf

Download (144kB) | Preview
Preview
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf

Download (395kB) | Preview
Preview
Text
7. DAFTAR IS1.pdf

Download (35kB) | Preview
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
Preview
Text
13.BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kompetensi pedagogik. Kompetensi Pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman anak didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Dalam PP No. 19 tahun 2003 tentang standar nasional pendidikan, penjelasan pasal 28 ayat 3 butir a dikemukakan bahwa kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Guru sebagai tenaga pendidik yang tugas utamanya mengajar, memiliki karakteristik kepribadian yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia. Guru merupakan jabatan atau profesi yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru, orang yang pandai dalam bidang- bidang tertentu, belum dapat dikatakah sebagai guru. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik yaitu ini mencoba mendeskripsikan tentang bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang di peroleh langsung dari wawancara dengan guru-guru pendidikan agama Islam dan kepala SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, dokumen-dokumen, literatur yang sesusai dengan pembahasan penelitian. Adapun pengumpulan diperoleh melalui observasi (mengamati kegiatan guru PAI dalam pembelajaran), wawancara (memperkuat atau memperjelas data tertulis yaitu data tentang pengembangan kompetensi pedagogik bagi guru PAI) dan dokumentasi (untuk memperoleh data-data tentang dokumen yang berkaitan dengan guru PAI seperti perangkat pembelajaran). Dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang meliputi tiga komponen, yaitu pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan kompetensi guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal Batang termasuk kategori baik. Strategi pengembangan kompetensi guru PAI SD Negeri di Kecamatan Wonotunggal yang dilakukan oleh guru PAI sendiri, kepala sekolah dan pemerintah termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:02
Last Modified: 26 Oct 2016 03:43
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item