PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA MODERN

Fahmihaq, Cahya Sabiq Dzul (2015) PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AKHLAK DI ERA MODERN. Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1 Cover Tesis.pdf

Download (172kB) | Preview
Preview
Text
2 Lembar Pengesahan Tesis.pdf

Download (544kB) | Preview
Preview
Text
3 Lembar Persetujuan Untuk Ujian Tesis.pdf

Download (445kB) | Preview
Preview
Text
4 Lembar Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (608kB) | Preview
Preview
Text
5 Abstrak Indonesia & Inggris.pdf

Download (129kB) | Preview
Preview
Text
9 Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
Preview
Text
10 BAB I.pdf

Download (933kB) | Preview
Preview
Text
11 BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
12 BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
Preview
Text
13 BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
14 BAB V.pdf

Download (209kB) | Preview
Preview
Text
15 Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Akhlak adalah ruh bagi setiap individu manusia. Dengan akhlak, manusia bisa hidup dengan baik. Dan jika kehilangan akhlak, maka ruhani manusia akan mati. Maka penanaman akhlak ke dalam jiwa merupakan cara paling tepat untuk mewujudkan unsur-unsur yang baik, yang mampu melaksanakan perannya secara sempurna dalam kehidupan. Karenanya, akhlak merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan ia merupakan bagian utama dari tiga pilar utama, yaitu akidah, syariah, dan akhlak, atau iman, islam, dan ihsan. Ilmu yang membahas tentang akhlak pun menjadi sangat penting. Ilmu ini termasuk salah satu ilmu yang wajib dipelajari. Penelitian ini mengkaji pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan akhlak yang termuat dalam kitab-kitab Imam Al-Ghazali yang berjudul Ayyuhal Walad, Bidayatul Hidayah, Minhajul Abidin, Mukasyafatul Qulub, dan Ihya Ulumuddin yang dijadikan bahan ajar akhlak di madrasah diniyah di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan filosofis ontologis dengan tujuan untuk mengetahui tujuan, metode, dan materi pendidikan akhlak yang termuat dalam kitab-kitab Imam Al-Ghazali. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali bertujuan mendapatkan ridho Allah SWT. Metode pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali menggunakan metode ceramah, penuntunan dan hapalan, diskusi, bercerita, keteladanan, demonstrasi, rihlah, pemberian tugas, mujahadah dan riyadhoh, tanya jawab, pemberian hadiah dan hukuman. Materi pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali adalah akhlak terhadap Khalik, akhlak terhadap makhluk, dan akhlak terhadap diri sendiri. Pendidikan akhlak yang termuat di dalam kitab-kitab Imam Al-Ghazali adalah baik bagi para penuntut ilmu. Pendidikan akhlak adalah wajib bagi penuntut ilmu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Imam Al-Ghazali
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 17 Jun 2016 00:52
Last Modified: 10 Nov 2016 00:23
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item