Halimah, Nur (2015) Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunanetra. Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN4.pdf Download (703kB) | Preview |
|
|
Text
3. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN 2.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
||
|
Text
14. BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (student with special needs) membutuhkan suatu pola tersendiri sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, yang berbeda antara satu dan lainnya. Pendidikan yang diberikan kepada anak ketunaan berbeda dengan anak yang normal. Perbedaan ini bukan pada materi pokoknya melainkan pada segi luasnya dan pengembangan materi pendidikan agama yang disesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Para penyandang ketunaan tidaklah mudah untuk dididik ajaran agama Islam, karena kekurangan dan kelemahan mereka dalam menangkap pelajaran agama serta tingkah laku yang berbeda dengan anak normal pada umumnya. Sehingga memerlukan metode yang sesuai dengan jenis ketunaannya. Berdasarkan uraian di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Apa saja metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunanetra?. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah Untuk mengetahui macam-macam metode pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunanetra. Adapun kegunaan penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan, menambah pengetahuan dan wawasan khususnya guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang metode-metode pembelajaran. Kemudian dapat dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil analisis peneliti bahwa ada beberapa metode yang dapat digunakan bagi anak berkebutuhan khusus yaitu anak tunanetra. Dalam Pendidikan Agama Islam terdapat berbagai macam metode pembelajaran bagi anak Tunanetra, diantara metode tersebut adalah Metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode drill.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran, anak tunanetra |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 16 Jun 2016 07:26 |
| Last Modified: | 28 Oct 2016 00:19 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/483 |
Actions (login required)
| View Item |