Fatmawati, Hendrik Duwi (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEPEDULIAN SOSIAL DI TK NEGERI PEMBINA KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER JUDUL.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
2.-Pengesahan-Tesis.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERSETUJUAN SIDANG TESIS PEMBIMBING I.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERSETUJUAN SIDANG TESIS PEMBIMBING II.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
5. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
|
|
Text
17. BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang hanya mementingkan aspek kognitif dengan mengabaikan aspek nilai afektif mengakibatkan peserta didik kurang memiliki kemandirian dan kepedulian tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan lingkungan fisik dan sosial. Dampak negatif yang lain dari ketidakseimbangan dan ketidakadilan dalam pengembangan potensi peserta didik akan membahayakan tidak saja bagi peserta didik sendiri, akan tetapi pada masyarakat secara keseluruhan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimana kurikulum pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan; (2). Bagaimana rencana pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan; dan (3). Bagaimana evaluasi pembelajaran kepedulian sosial di TK Negeri Pembina Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hal ini karena dalam penelitian ini sangat menekankan pada perolehan data asli atau natural condition. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, yaitu peneliti berangkat ke “lapangan” untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah atau “in situ”. Proses pengumpulan data berasal dari tiga sumber, yaitu: (1). Observasi; (2). Wawancara; dan (3). Dokumen-dokumen. Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif John W. Cresswell. Validitas datanya menggunakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum pembelajaran kepedulian sosial dirancang dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dimuat dalam visi, misi, maupun tujuan sekolah. Dari visi, misi, maupun tujuan kemudian dijabarkan dalam Kurikulum Nasionalisme dan Pendidikan Budaya Karakter bangsa yang membedakan TK Negeri Pembina Kota Pekalongan dengan TK lainnya di Kota Pekalongan, Rencana Kegiatan Mingguan, dan Rencana Kegiatan Harian sebagai awal persiapan pembelajaran agar dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Rencana pembelajaran kepedulian sosial dilakukan dengan cara guru sebagai pendidik yang profesional sebagai panutan para peserta didik dalam menumbuhkembangkan rasa kepedulian sosial mampu mengajar dengan menggunakan metode dan model pembelajaran yang tepat, dan para peserta didik yang mampu berbagi dan menyayangi teman sekelas, guru, dan peduli terhadap musibah di sekitar dengan cara memberikan sumbangan sekedarnya. Evaluasi implementasi pembelajaran kepedulian sosial dilaksanakan setiap hari melalui observasi, unjuk kerja, dan percakapan terhadap peserta didik. Hal ini untuk melihat perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hasil evaluasi adalah melaporkan hasil evaluasi per semester kepada orangtua peserta didik melalui penilaian perkembangan anak didik (rapor).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Kepedulian Sosial |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 02:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 00:02 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/480 |
Actions (login required)
View Item |