STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus di SMPN 3 Pemalang)

Rumiyati, . (2015) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus di SMPN 3 Pemalang). Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.TESIS 1 (halaman judul).pdf

Download (40kB) | Preview
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (301kB) | Preview
Preview
Text
3. Persetujuan utuk sidang.pdf

Download (173kB) | Preview
Preview
Text
4. Persetujuan untuk sidang II.pdf

Download (165kB) | Preview
Preview
Text
5. Lembar keaslian.pdf

Download (189kB) | Preview
Preview
Text
9.(Daftar Isi).pdf

Download (98kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
12.BAB II (Kajian Teori).pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
13.BAB III (Sajian Data).pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
14.BAB IV (Analisis).pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
Preview
Text
14.BAB IV (Analisis).pdf

Download (230kB) | Preview
Preview
Text
16.TESIS (Daftar Pustaka).pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Akhlak merupakan pondasi utama dalam membentuk kepribadian manusia. Akhlak yang dimiliki oleh seseorang bukan merupakan suatu yang dibawa sejak lahir tetapi suatu yang harus dibentuk melalui proses dan waktu yang cukup lama. Untuk merealisasikannya perlu adanya pembinaan yang dilakukan secara berkelanjutan khususnya pada sekolah. Oleh sebab itu, para pendidik terutama guru PAI dituntut untuk memiliki strategi tertentu dalam menyelenggarakan kegiatan yang dapat menunjang dalam pembinaan akhlak peserta didik. Hal inilah yang kemudian menjadi agenda dari SMP Negeri 3 Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan strategi guru PAI SMPN 3 Pemalang dalam pembinaan akhlak siswa, dan 2) mendiskripsikan faktor-faktor yang dihadapi guru PAI SMPN 3 Pemalang dalam pembinaan akhlak siswa. Sesuai fokus masalah yang dikaji, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sejalan dengan pendekatan tersebut, maka metode analisis yang ditempuh menggunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi guru pendidikan agama Islam SMPN 3 Pemalang dalam pembinaan akhlak siswa antara lain dengan menggunakan a) pembiasaan yang baik seperti pembacaan do’a saat memulai dan mengakhiri pelajaran, membaca al-Qur’an (surat-surat pendek), salam, sapa, dan senyum, melaksanakan shalat dhuha berjama’ah dan shalat dzuhur berjama’ah; b) pemberian keteladanan; c) pendekatan individual; d) pemilihan metode pembelajaran yang tepat; dan e) mejalin kerjasama dengan komponen sekolah dan orang tua siswa. 2) Faktor-faktor yang dihadapi guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 3 Pemalang dalam pembinaan akhlak siswa meliputi: a) faktor pendukung,antara lain: komitmen bersama, kesadaran para siswa, dan motivasi dari orang tua. b) faktor penghambat, antara lain: pengaruh internet, sarana dan prasarana yang kurang lengkap, dan lingkungan masyarakat (pergaulan).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 16 Jun 2016 01:24
Last Modified: 19 Jan 2017 05:24
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item