STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI DI BMT MUBAROKAH KOTA TEGAL

Abdillah, M. Wahib (2012) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI DI BMT MUBAROKAH KOTA TEGAL. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
HALAMAN DEPAN TA.pdf

Download (690kB) | Preview
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (393kB) | Preview
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (339kB) | Preview
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (32kB)
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Tabungan Haji merupakan tabungan yang mengunakan prinsip mudharabah yaitu simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada saat nasabah akan menunaikan ibadah haji atau pada saat tertentu sesuai dengan yang diperjanjikan. Simpanan ini menerapkan imbalan dengan sistem bagi hasil al-Mudharabah. Dalam produk Tabungan Haji ini dituntut untuk melakukan proses pemasaran yang dapat menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah BMT. Pemasaran yang dijalankan harus menerapkan suatu strategi yang tepat dalam rangka menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah dan mempertahankan nasabah yang sudah ada. Penelitian ini mengangkat suatu rumusan masalah yaitu “bagaimana strategi pemasaran produk tabungan haji pada BMT Mubarokah Kota Tegal”. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) yang artinya data-data dalam penelitian ini di peroleh melalui studi lapangan dengan mengambil dari berbagai sumber literatur yang terkait dengan rumusan masalah kemudian dari hasil penelitian tersebut dilengkapi dengan data yang diperoleh dari pustaka sehingga didapat kesimpulan yang dapat diuji kebenarannya. Dilihat dari sumber data pada penelitian ini ada dua jenis sumber data yang penulis gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Selain dari sumber data tersebut penulis juga menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa Observasi, Interview (wawancara/tanya jawab langsung), dan Dokumentasi. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut. Pertama, strategi pemasaran yang dilakukan aleh BMT Mubarokah Kota Tegal pada produk tabungan haji menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioning. Kedua, dan dalam mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran memiliki 4 (empat) unsur yaitu : a. Produk, b. Harga, c. Distribusi, dan d. Promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi D3 Perbankan Syariah (PBS)
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:25
Last Modified: 03 Apr 2017 01:26
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item