EVALUASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TENTANG MUTU PELAYANAN PADA NASABAH (STUDI KASUS BMT MITRA UMAT PEKALONGAN)

Laila, Nur (2014) EVALUASI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TENTANG MUTU PELAYANAN PADA NASABAH (STUDI KASUS BMT MITRA UMAT PEKALONGAN). Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (169kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (307kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (387kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (470kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (295kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (310kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu permasalahan lembaga keuangan syariah adalah terbatasnya sumber daya manusia yang berkualitas untuk membangun lembaga keuangan syariah yang profesional, baik dan benar. Banyak faktor yang bisa membuat kualitas SDM BMT Mitra Umat Pekalongan meningkat yaitu bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan SDM. Pelatihan merupakan proses dalam pembelajaran mencari pengetahuan dan keterampilan, sedangkan pengembangan SDM merupakan suatu proses bagaimana manajemen mendapatkan pengalaman dan sikap untuk meraih sukses. Dalam setiap pembelajaran harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu cara yang telah dilakukan oleh BMT Mitra Umat Pekalongan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dalam proses pelatihan dan pengembangan SDM adalah melalui evaluasi. Evaluasi merupakan penggunaan informasi yang diperoleh dengan penilaian maupun dengan cara-cara lain untuk memperoleh dan membuat keputusan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis mengangkat rumusan masalah, bagaimana evaluasi yang dilakukan oleh BMT Mitra Umat Pekalongan dalam melaksanakan pelatihan dan pengembangan SDM tentang mutu pelayanan pada nasabah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana menghasilkan data deskriptif berupa tulisan dan lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh secara langsung dari pihak BMT Mitra Umat Pekalongan dan nasabah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif mengenai evaluasi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan, serta metode analisis sebagai gambaran yang kemudian dibuat narasi untuk menjawab rumusan masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan pada BMT Mitra Umat Pekalongan diperoleh kesimpulan evaluasi yang telah digunakan pada BMT Mitra Umat Pekalongan adalah evaluasi secara formatif dan sumatif. Evaluasi formatif yang dilakukan oleh BMT Mitra Umat Pekalongan bertujuan untuk mengadakan perbaikan proses pelatihan dan pengembangan SDM sedangkan evaluasi sumatif pada BMT Mitra Umat Pekalongan bertujuan untuk menilai program pelatihan dan pengembangan SDM yang dilakukan pada akhir kegiatan untuk mengambil keputusan tentang kelanjutan program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelatihan, Pengembangan Sumber Daya Manusia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:23
Last Modified: 06 Mar 2017 04:35
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item