ANALISIS PEMASARAN DAN FINANSIAL PADA WAROENG WELAETH BAMBU, KECAMATAN KEDUNGWUNI, KABUPATEN PEKALONGAN (TINJAUAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DAN ETIKA BISNIS ISLAM)

Khamim, Mochammad Panji (2015) ANALISIS PEMASARAN DAN FINANSIAL PADA WAROENG WELAETH BAMBU, KECAMATAN KEDUNGWUNI, KABUPATEN PEKALONGAN (TINJAUAN STUDI KELAYAKAN BISNIS DAN ETIKA BISNIS ISLAM). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (179kB) | Preview
Preview
Text
2. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (84kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (915kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (772kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB 1.pdf

Download (544kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB 2.pdf

Download (740kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB 3.pdf

Download (200kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB 4.pdf

Download (700kB) | Preview
Preview
Text
16. BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam suatu usaha baik dalam skala kecil maupun besar sebaiknya memiliki studi kelayakan usaha atau bisnis. Dalam sebuah studi kelayakan, analisis aspek pemasaran dan finansial memegang peranan yang sangat penting. Seorang pengusaha dalam pandangan etika Islam bukan sekedar mencari keuntungan, melainkan juga keberkahan. Waroeng Welaeth Bambu merupakan salah satu Rumah Makan di Kabupaten Pekalongan. Menu utama dari Waroeng Welaeth Bambu adalah ayam bakar presto. Munculnya berbagai Rumah Makan yang saat ini juga menawarkan menu utama dengan bahan dasar ayam membuat persaingan yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aspek pemasaran Waroeng Welaeth Bambu ditinjau dari etika bisnis Islam; (2) mengetahui apakah aspek finansial Waroeng Welaeth Bambu dapat dinyatakan layak. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif meliputi data-data keuangan. Sedangkan data kualitatif berupa profil usaha dan data-data untuk keperluan analisis aspek pemasaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait. Faktor-faktor yang akan dianalisis pada aspek pemasaran meliputi bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. Analisis aspek finansial dilakukan dengan penilaian kelayakan investasi menggunakan analisis Average Rate of Return, Payback Period, Net Present Value, dan Profitability Index. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Waroeng Welaeth Bambu layak untuk dilanjutkan. Pada aspek pemasaran (produk, harga, distribusi, serta promosi) sudah layak dan sesuai dengan etika bisnis Islam. Pada aspek finansial, pemilik usaha sudah mengeluarkan zakat sebesar 2,5% dari laba bersih usaha. Hasil penilaian kriteria kelayakan di mana nilai ARR 44,88% lebih besar dari minimum accounting rate of return yang dikehendaki sebesar 7%, nilai NPV bernilai positif sebesar Rp123.173.342,00, dan nilai PI 1,7 lebih besar dari 1, maka secara kelayakan usaha Waroeng Welaeth Bamboe layak untuk dilanjutkan. Hasil analisis Payback Period menunjukkan bahwa untuk mengembalikan nilai investasi sebesar Rp176.985.000,00 memerlukan waktu 1 Tahun 10 Bulan 11 Hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Finansial, Studi Kelayakan Bisnis, dan Etika Bisnis Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
Divisions: Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam > Prodi Ekonomi Syariah(EKOS)
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 07 Jun 2016 01:11
Last Modified: 03 Jan 2017 07:09
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item