USAHA GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DALAM NOVEL SANG PELOPOR KARYA SUGENG (ALANG-ALANG TIMUR)

Istiani, Tri (2014) USAHA GURU DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DALAM NOVEL SANG PELOPOR KARYA SUGENG (ALANG-ALANG TIMUR). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. Cover Judul.pdf

Download (107kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN TRI.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB IV.pdf

Download (202kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan. Hal itu dapat dikatakan sebagai tujuan pendidikan. Salah satu alat untuk tercapainya tujuan pendidikan adalah pembelajaran. Disinilah peran penting guru dalam mengusahakan tercapainya pendidikan. Tujuan pendidikan akan tercapai jika dalam pembelajaran guru mampu menanamkan nilai-nilai pada diri siswa. Siswa akan mudah dialiri nilai apapun oleh gurunya jika dia merasakan kenyamanan dalam proses pembelajaran.Kenyamanan dalam proses pembelajaran biasanya ditandai dengan senangnya siswa dalam mengikuti pembelajaran.Novel merupakan salah satu karya fiksi yang dapat dijadikan sumber belajar. Novel Sang Pelopor karya Sugeng (Alang-Alang Timur) bercerita tentang dunia pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana usaha guru dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam novel Sang Pelopor karya Sugeng (Alang-Alang Timur). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha guru dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam novel Sang Pelopor karya Sugeng (Alang-Alang Timur). Secara teori, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sumber informasi atau masukan kepada guru mengenai bagaimana usaha yang harus dilakukan seorang guru dalam proses pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang menyenangkan. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh beberapa pihak; bagi guru, hasil penelitian ini memberikan gambaran tentang usaha guru atau pendidik dalam menjalankan proses pendidikan. Bagi peneliti, hasil penelitian ini dapat menambah wawasan tentang kependidikan. Bagi pembaca, hasil penelitian ini diharapkan dapat lebih memahami isi novel Sang Pelopor dan diambil manfaatnya. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan inspirasi maupun sebagai bahan pijakan penelitian lain untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian pustaka.Pada penelitian ini sumber primer yang digunakan adalah novel Sang Pelopor Karya Sugeng (Alang-Alang Timur) terbitan Diva Press, Yogyakarta tahun 2008.Karena penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustaakaan maka data yang dihasilkan dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu dengan cara membaca, memahami dan menelaah sumber data. Pada penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Selain itu juga digunakan content analysis. Content analysis merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. viii Dari hasil penelitian diketahui usaha guru dalam menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam novel Sang Pelopor yakni melalui pendekatan kepribadian guru dan melalui pengkondisian pembelajaran. Untuk kepribadian guru ada beberapa sifat yang ditampilkan oleh guru yakni bijaksana dan arif, ramah, sabar, berakhlak baik, dapat menjadi teladan, memotivasi siswanya baik dengan kata-kata maupun dengan hadiah, berdedikasi tinggi, mempunyai rasa kasih sayang terhadap siswanya.Selanjutnya dalam mengkondisikan pembelajaran guru melakukan pembelajaran di alam terbuka (di luar kelas), menggunakan berbagai metode sesuai dengan materi yang disampaikan dan guru mengaktifkan siswa dalam pembelajaran baik melalui dialog maupun kreativitas siswa. Dengan usaha guru tersebut siswa akan merasa senang dalam menjalankan proses pembelajaran. Perasaan senang dalam diri siswa merupakan awal dari terciptanya proses pembelajaran yang menyenangkan. Dalam novel Sang Pelopor usaha-usaha guru tersebut dapat dilihat pada sosok guru-guru yang ada di Madrasah Kampung Sawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usaha Guru, Pembelajaran menyenangkan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 06 Jun 2016 06:14
Last Modified: 21 Nov 2016 00:04
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item