NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB NASHĀIHUL IBĀD KARYA AS-SYAIKH IMAM NAWAWI AL-BANTANĪ

Hadi, Muhammad Syamsul (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB NASHĀIHUL IBĀD KARYA AS-SYAIKH IMAM NAWAWI AL-BANTANĪ. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
4. PENEGSAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB 1 new.pdf

Download (499kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB 2 new.pdf

Download (383kB) | Preview
Preview
Text
13. Bab 3 new.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
14. BAB 4 new.pdf

Download (313kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB 5 new.pdf

Download (231kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA hadi new.pdf

Download (399kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan karakter adalah suatu usaha penanaman nilai-nilai kebaikan untuk membentuk sifat atau sikap seseorang agar menjadi manusia yang berkarakter baik dalam berperilaku sehari-hari baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Karena tujuan pendidikan tidak hanya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tapi juga untuk membentuk manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Namun melihat relita sekarang banyak generasi muda yang mengalami kemerosotan nilai-nilai moral dan agama, maka dari itu kitab Nashāihul Ibād karangan Imam Nawawi bisa dijadikan salah satu solusi untuk dijadikan pedoman pendidikan karakter yang tidak hanya diajarkan di pesantren tapi juga di pendidikan formal.. Dari latar belakang yang telah penulis kemukakan diatas, dapat penulis rumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut: Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Nashāihul Ibād karya As-Syaikh Imam Nawawi Al-Bantani, Bagaimanakah relevansi kitab Nashāihul Ibād karya As-Syaikh Imam Nawawi Al-Bantani dengan pendidikan karakter sekarang. penulisan ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Nashāihul Ibād karya As-Syaikh Imam Nawawi Al-Bantani dan relevansinya dengan pendidikan karakter sekarang. Sedangkan kegunaannya Untuk memberikan wawasan keilmuan terhadap dunia pendidikan, khususnya tentang pendidikan karakter dan Memecahkan masalah sekarang yang sedang terjadi yaitu krisis moralitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (librar research), yaitu suatu bentuk pengumpulan data dari materi-materi kepustakaan yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Karena penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, maka data yang dihasilkan diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Dan metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode content analysis. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Nashāihul ibād diantaranya adalah : Nilai pendidikan karakter yang berkaitan dengan diri sendiri, seperti ; beradab, sabar, jujur, wara’ dan malu. Nilai yang berkaitan dengan orang lain, seperti ; adil, dermawan, pemaaf, dan menepati janji. Nilai yang berkaitan dengan Tuhan Yang Naha Esa, seperti ; bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersyukur, rela/ikhlas. Kitab ini masih relevan untuk dijadikan pedoman pendidikan karakter sekarang. Karena masih sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan kurikulum baru kurikulum 2013 yang lebih menekankan pada pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Imam Nawawi, Pendidikan Karakter, Nashāihul Ibād.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 01 Jun 2016 00:49
Last Modified: 07 Nov 2016 04:55
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item