Sunoto, , (2014) Upaya Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak Siswa-Siswi SD Negeri Salit Kajen Pekalongan. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1.Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
2.pernyataan.pdf Download (801kB) | Preview |
|
|
Text
3.pengesahan.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
4.nota dinas.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
9.D A F T A R I S I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
10.Bab I.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
11.Bab II.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
12.Bab III.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
13.Bab IV.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
14.Bab V.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
SD Negeri Salit Kajen Pekalongan adalah lembaga yang berada di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Terletak tidak jauh dari perkotaan, namun nuansa Islam kurang begitu melekat erat pada sekolah tersebut, dikarenakan masyarakat di sekitarnya yang kurang berpegang teguh pada prinsip agama dan belum mampu mengembangkan ciri khas agamis tersebut sampai sekarang. Oleh karena itu, di sinilah letak pentingnya peran guru dalam membentuk akhlak peserta didik, khususnya di SD Negeri Salit Kajen Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa-siswi SD Negeri Salit enghambat dan mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa-siswi SD Negeri Salit Kajen Pekalongan?. Kegunaan penelitian untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa-siswi SD Negeri Salit Kajen Pekalongan, untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa-siswi SD Negeri Salit Kajen Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan dunia pendidikan pada umumnya dan khususnya dapat memperkaya khasanah pendidikan khususnya tentang keteladanan guru dan karakter anak yang diperoleh dari penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik kualitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Upaya guru PAI dalam pembinaan akhlak peserta didik SD Negeri Salit Kajen Pekalongan, antara lain: melakukan tindakan konseling, menggiatkan ekstrakurikuler, mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan Ibadah, mengadakan PHBI, menjaga kebersihan, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan peserta didik, dan mengundang ustadz dari luar daerah dalam acara PHBI. Kedua, faktor penghambat pembinaan akhlak bagi siswa di SD Negeri Salit Kajen Pekalongan, antara lain yaitu: Metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI, Kurangnya tenaga pengajar PAI yang profesional, Minimnya waktu untuk belajar PAI, Pengaruh lingkungan dan pergaulan anak yang kurang baik. Sedangkan faktor yang mendukung: adanya dukungan dan komitmen, adanya kemauan dan kesadaran siswa untuk belajar, adanya dukungan, bantuan dan masukan dari berbagi pihak, lingkungan sekolah yang Islami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus stain pekalongan |
Date Deposited: | 30 May 2016 00:39 |
Last Modified: | 30 May 2016 00:39 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/305 |
Actions (login required)
View Item |