IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SDIT INSAN MULIA TANJUNGKULON KAJEN PEKALONGAN

Hasanah, Hidayatul (2014) IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SDIT INSAN MULIA TANJUNGKULON KAJEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER fix.pdf

Download (47kB) | Preview
Preview
Text
2.NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (878kB) | Preview
Preview
Text
3.PENGESAHAN.pdf

Download (785kB) | Preview
Preview
Text
4.PERNYATAAN.pdf

Download (741kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB I Fix.pdf

Download (259kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB II fix.pdf

Download (366kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB III munaqosah fix.pdf

Download (375kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB IV fix.pdf

Download (331kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB V fix.pdf

Download (11kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Pembentukan sikap dan perilaku anak sangat perlu di biasakan sejak dini, agar anak terbiasa mengerjakan yang baik. Kebiasaan tersebut diharapkan akan tumbuh menjadi suatu kekuatan yang mendorong anak untuk selalu berbuat baik dan meninggalkan yang buruk. Untuk mewujudkan hal tersebut banyak bermunculan sekolah yang mengusung sistem full day school yaitu kegiatan belajar, bermain, makan dan beribadah berada disekolah sejak pagi sampai menjelang sore yang dikemas dalam dunia pendidikan. Sistem full day school ini dinilai cukup memberi alternatif bagi beberapa pihak. Salah satunya SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan yang menerapkan sistem full day school didalamnya terdapat pembiasaan wudu, salat, zikir, doa, infaq, membaca Alquran. Sehingga diharapkan dengan sistem full day school dapat meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan sistem full day school di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan? Bagaimana perilaku keagamaan siswa di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan? Bagaimana implementasi sistem full day school dalam meningkatkan perilaku keagamaan siswa di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan? kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak dan memperkaya wawasan mengenai full day school dan perilaku keagamaan pada siswa. Sedangkan secara praktis dapat memberikan kontribusi dalam pendidikan yang berkaitan dengan full day school dan perilaku keagamaan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang diamati. adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) adalah bahwa penelitian berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1). Penerapan sistem full day school di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon Kajen Pekalongan yaitu dengan menerapkan konsep integrated curriculum yang berarti semua aktivitas siswa mulai dari belajar, bermain, makan dan ibadah berada di sekolah sejak pagi sampai menjelang sore yang dikemas dalam dunia pendidikan. 2). Aspek perilaku keagamaan di SDIT Insan Mulia Tanjungkulon kajen Pekalongan meliputi aspek aqidah dan ibadah yang tercermin dalam pembiasaan azan, wudhu, salat duha, salat zuhur berjamaah, salat Jumat, membaca Alquran, puasa dan rangkaian kegiatan mabit dalam bulan ramadhan, infaq, pembiasaan doa, tahfiz Alquran, hadis dan doa. 3). Melalui sekolah yang menerapkan sisitem full day school dimana didalamnya terdapat pembiasaan perilaku keagamaan yang dikemas dalam dunia pendidikan dapat meingkatkan perilaku keagamaan siswa karena siswa terbiasa melaksanakan atau mengamalkan perilaku keagamaan di sekolah dan di rumah dengan tertib dan tanpa diperintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Perilaku Keagamaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 26 May 2016 03:13
Last Modified: 14 Oct 2016 00:23
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item