PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF (Konsep Keilmuan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Asyhar, Ali (2014) PENDIDIKAN ISLAM INTEGRATIF (Konsep Keilmuan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (19kB) | Preview
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (783kB) | Preview
Preview
Text
4. HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (490kB) | Preview
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (887kB) | Preview
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (153kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Diskursus tentang integrasi ilmu dan agama adalah isu yang telah cukup lama dibicarakan, termasuk di indonesia. Relasi keduanya dianggap sebagai isu klasik yang menarik dan telah lama mewarnai corak pemikiran para agamawan, termasuk di kalangan masyarakat muslim. Sebagai satu pilar peradaban manusia, ilmu tak bisa terlepas dari perhatian agama-agama dunia. Upaya memberikan suatu warna keagamaan dalam pendidikan telah menjadi perhatian perguruan-perguruan tinggi keagamaan khususnya di perguruan tinggi agama Islam. Pada awalnya sebagian orang cenderung membatasi integrasi ilmu dan agama tersebut pada ilmu sosial-budaya (social sciences and humanities), dan mengesampingkan kemungkinan integrasi agama dan ilmu-ilmu kealaman (natural sciences). Penelitian ini membahas tentang konsep integrasi keilmuan di dua perguruan tinggi Islam, yaitu UIN Yogyakarta dan UIN Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang terdiri dari dua tahap, yaitu pertama, tahap pengumpulan data, dan tahap kedua adalah tahap pengolahan dan analisis data pendekatan yang digunakan adalah filosofis, yaitu pendekatan yang mencari pola-pola keterkaitan antara satu data dengan data yang lain tentang pemikiran integrasi keilmuan yang ada di dalam karya-karya tentang paradigma konsep keilmuan di UIN Yogyakarta dan UIN Bandung untuk mengungkapkan maknanya dalam konteks umum. Hasil penelitian tentang konsep keilmuan ini adalah bahwa format baru hubungan sains dan Islam dalam upaya membangun sains Islam seutuhnya di perguruan tinggi berbeda-beda dan memiliki distingsi masing-masing. Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menganut paradigma integrasi-interkoneksi keilmuan dengan metafora spider web yang merajut trilogi khazanah keilmuan hadlarah al-nash, hadharah al-falsafah, dan hadlarah al-’ilm. Sedangkan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung menganut paradigma integratif-holistik dengan metafora roda ilmu yang merajut trilogi khazanah keilmuan yaitu Iman, Ilmu dan Amal Sholeh serta diharapkan kedepan, melalui Pendidikan Tinggi Islam atau dalam hal ini baik STAIN, IAIN dan UIN tersebut tidak terjadi lagi cara pandang ilmu secara dikotomik, yaitu adanya ilmu umum dan ilmu agama. Melalui bentuk lembaga pendidikan Islam ini dicita-citakan agar Islam dilihat secara utuh, luas, dan komprehensif. Islam tidak hanya dilihat dari aspek ritualnya, melainkan tatkala berbicara Islam, selain tentang ritual, juga berbicara tentang ilmu pengetahuan, manusia unggul, keadilan, dan dalam setiap menjalankan kegiatan harus dilakukan secara profesional atau disebut dengan amal saleh dan ini semuanya diharapkan dapat menjadikan pendidikan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; integrasi keilmuan dan sains modern
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 26 May 2016 01:03
Last Modified: 14 Nov 2016 06:43
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item