Padilah, Puji (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH REBAN KABUPATEN BATANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. Cover.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
||
|
Text
10. BAB III GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
11. BAB IV ANALISIS.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
||
|
Text
12. BAB V PENUTUP.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Secara rasional, pendidikan berbasis karakter sangat penting untuk dikembangkan di madrasah baik terintegrasi dalam mata pelajaran maupun melalui kegiatan pengembangan diri dan budaya madrasah. Pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di madrasah baik melalui kegiatan yang bersifat keagamaan maupun yang lain. Oleh karena itu, kajian penulis dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang yang dilaksanakandi MI Islamiyah Reban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Reban, dampak pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyan Reban serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Reban. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan ilmu pendidikan yang bersifat kualitatif dan pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk melengkapi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memberikan penjelasan terhadap data yang dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan traianglasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di MI Islamiyah Reban yang pelaksanaannya dalam bentuk kegiatan rutin, spontanitas dan terprogram ini mampu memberikan pengaruh yang baik dalam kehidupan sehari-hari,hal ini ditunjukkan dalam kepatuhan terhadap ajaran agama dalam bentuk ketaatan dalam beribadah. Nilai-nilai karakter yang muncul dari peserta didik diantaranya: sikap jujur, berani, bertanggung jawab, mandiri dan cinta sesama.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendiddikan Karakter, Pembiasaan, Kegiatan Keagamaan. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 25 May 2016 01:53 |
| Last Modified: | 04 Nov 2016 00:21 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/269 |
Actions (login required)
| View Item |