KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Bachri, Saiful (2014) KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
Preview
Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (236kB) | Preview
Preview
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf

Download (83kB) | Preview
Preview
Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
Preview
Text
10. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
11. Bab II Kajian Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
12. Bab III Sajian Data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
13. Bab IV Analisis Data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
Preview
Text
14. Bab V Penutup.pdf

Download (174kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Konsep pedagogik yang diusung Ibnu Khaldûn tidak lepas dari pemikiran sosialnya.Ia telah menkonstruksi banyak teori yang berkenaan dengan pedagogikyang ia tuangkan dalam kitab Muqaddimah. Manusia dalam sorotan Ibnu Khaldûn adalah manusia yang terlibat secara niscaya dalam aktivitas hidup (keterhubungan dengan sesama dan alam, bahkan dunia transendentral. Pendidikan (ta‘lîm) merupakan aktivitas menyeluruh manusia untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, metode (ṭarîqah) untuk memperoleh ilmu pengetahuan, tentu tidak cukup hanya menitikberatkan pada pencapaian kecerdasan kognitif semata. Kalau ditarik dalam ranah pendidikan Islam, beberapa problem mendasar yang menanti adalah persoalan metodologi yang masih terkesan seadanya dan belum menyentuh seluruh aspek kejiwaan peserta didik.Dari sinilah, penulis bermaksud mendalamijalan pikiran pedagogik Ibnu Khaldûn, bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pedagogik Ibnu Khaldûn dan bagaimana relevansinya terhadap metode pembelajaran pendidikan agamaIslam. Sesuai fokus masalah yang dikaji, maka penelitian ini merupakan kualitatif berupa penelitian pustaka(library research)dengan pendekatan hermeneutik. Sejalan dengan pendekatan tersebut, maka metode analisis yang ditempuh menggunakan analisis content, deskriptif, dan komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pendidikan (ta‘lîm) harus mempresentasikan maksud dan tujuan hidup manusiadalam tiga aspek (aqliyah, jasmaniah dan rûḥâniah). Tidak ada dikhotomi dalam klasifikasi ilmu, ia saling terkait dengan disiplin ilmu lainnya. Untuk memperoleh ilmu pengetahuan tidak cukup dengan hafalan dan pemahaman semata, melainkan dengan pembentukan profesionalitas suatu ilmu (malakah). Konsep malakah mencerminkan pencapaian tiga domain (kognitif, afektif dan psikomotorik) sekaligus. Pembelajaran yang efektif dilakukan dengan metode (1) bertahap dan secara berulang-ulang; (2) menggunakan alat peraga; (3) menghafal materi; (4) diskusi; (5) mendahulukan bahasa Arab sebelum mempelajari al-Qur’an; (6) tidak menggunakan ringkasan ilmu; (7) menghindarkan dari kekerasan; dan (8) melalui perjalanan keilmuan (riḥlah). Untuk mencapai kondisi ideal dalam proses pembelajaran, Ibnu Khaldûn menawarkan: (1) identifikasi tingkat nalar dan intelektualitas; (2) memahami kesiapan individu; (3) penguasaan satu bidang ilmu; (4) keterkaitan antar disiplin ilmu pengetahuan; dan (5) ilmu alat sebatas kebutuhan. Konsep malakah memiliki relevansi terhadap pemaknaan belajar, dimana aspek yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam adalah kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam aspek metode pembelajaran, penggunaan beragam metode di atas, dalam upaya menumbuhkembangkan malakah peserta didik, masih relevan dan telah dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dalam pendidikan Islam.Sedangkan kelima halmengenai kondisi yang ideal dalam pembelajaran, relevan dengan prinsip-prinsip metode pembelajaran, seperti prinsip individualitas, readiness, konsentrasi, dan korelasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pedagogik, Ibnu Khaldun, Metode Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 24 May 2016 07:02
Last Modified: 18 Oct 2016 01:01
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item