Zubaidah, . (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang). Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER JUDUL.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pernyataan zubaidah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. Pengesahan Zubaidah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pentingnya pendidikan karakter pada anak usia dini (AUD) juga didasarkan pada adanya kajian neurologi yang menyebutkan bahwa perkembangan kecerdasan anak terjadi sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupan anak. Keberhasilan pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Kemampuan guru dalam mengoptimalisasikan pendidikan karakter anak di kelas TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang sudah optimal. Hal ini terbukti pada sebagian besar anak di kelas masih banyak sikap anak yang menghargai dan menghormati orang lain. Kemudian sikap kerjasama dan tanggung jawab terhadap dari apa yang sudah mereka lakukan. Begitu juga dalam menjalankan ibadah, dan juga kemampuan karakter anak dalam menghormati orang lain (teman) dalam bermain.. Rumusan Masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina?, 2) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan field research (penelitian lapangan). Metode Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data, untuk mengarahkan peneliti agar didalam mengumpulkan data menggunakan berbagai sumber data yang tersedia. Hasil penelitian menunjukakkan bahwa Pelaksaanaan pendidikan karakter diantaranya berupa Tujuan Pendidikan Karakter sudah sesuai dengan misi maupun tujuan TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang yaitu membangun karakter anak yang berakhlak mulia, serta mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa untuk membentuk pribadi anak agar dapat bertindak, berperilaku, memiliki sopan santun, moral dan kebiasaan-kebiasaan yang baik., Materi Pendidikan Karakter pada tema: pekerjaan dengan sub tema: alat-alat pekerjaan yang dipakai menghasilkan nilai-nilai karakter diantaranya religius, komunikatif, kreatif, mandiri, kerjakeras, bersahabat, dan realistis yang diterapkan di TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang sudah berjalan dengan baik., Metode-metode yang digunakan dalam pendidikan karakter pada anak usia dini seperti pembiasaan, keteladanan, nasihat, cerita, hadiah dan hukuman yang tidak memberatkan mereka., Sistem evaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran dan perkembangan anak didik yang ada di TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang. Pencatatan dalam bentuk laporan harian dalam v SKH, rangkuman laporan bulanan, dan laporan akhir semester. Pencatatan perkembangan anak di laporkan kepada orang tua siswa setiap akhir semester, dari pencatatan perkembangan yang dilakukan berdasarkan hasil penilaian guru dan pemberian tugas. dan Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter di TK Negeri Pembina Kabupaten Pemalang bisa berjalan dengan baik dengan kerjasama dan komunikasi yang baik antara kepala sekolah, guru dan orang tua siswa yang terjalin dengan baik, selain pendidikan di sekolah orang tua juga harus meneruskannya di rumah karena anak lebih banyak menghabiskan waktunya bersama orang tua di rumah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 24 May 2016 06:31 |
| Last Modified: | 30 Nov 2016 07:12 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/263 |
Actions (login required)
| View Item |