Mis'al, . (2014) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1.COVER.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
7.DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I Pendahuluan.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II Kajan Teori.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab III Sajian Data.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab IV Analisis Data.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
13. Bab V Kesimpulan.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Tesis inimengkajitentangkompetensiprofesional guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasibelajarsiswa, dan bagaimana pengaruh kompetensi profesioal guru pendidikan agama islam terhadap prestasi belajarsiswa. Pembahasantesisinidimaksudkanuntukmengetahui kompetensi guru pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap prestasibelajarsiswa. Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum, metode pembelajaran dan lain sebagainya tanpa didukung oleh guru yang berkompeten maka ia dalam menjalankan tugasnya akan tidak optimal. Seorang guru profesionl dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.Keempat kompetensi itu sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa maupun sikap individu siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensiprofesional guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikanagama Islam di SMA Negeri 1 Pemalang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pemalang yang berjumlah 1037 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak (random sample), mengingat populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yaitu 30 siswa. Penelitianinimenggunakanpendekatan kuantitatif, teknikpengumpulan data meliputiinstrumen, wawancara, danstudidokumentasi.Dan teknikanalisa data yang digunakandalampenelitianinidenganmenggunakanteknikproduct moment. Dari hasilpengolahan data yangdidapat langkah selanjutnyadiklasifikasikan dan diolah sehingga menghasilkan data akhir dengan Rxy sebesar = 0,397 yang berarti terdapat hubungan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa walaupun hubungan positif itu hanya pada tingkat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa kompetensi professional guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan agama islam meskipun hanya pada taraf rendah.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Profesional Guru PAI, Prestasi Siswa |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 23 May 2016 07:18 |
| Last Modified: | 14 Oct 2016 00:57 |
| URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/261 |
Actions (login required)
| View Item |