PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG

Mis'al, . (2014) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG. Masters thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
Preview
Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (261kB) | Preview
Preview
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf

Download (63kB) | Preview
Preview
Text
7.DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
Preview
Text
9. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (393kB) | Preview
Preview
Text
10. Bab II Kajan Teori.pdf

Download (370kB) | Preview
Preview
Text
11. Bab III Sajian Data.pdf

Download (371kB) | Preview
Preview
Text
12. Bab IV Analisis Data.pdf

Download (444kB) | Preview
Preview
Text
13. Bab V Kesimpulan.pdf

Download (230kB) | Preview
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Tesis inimengkajitentangkompetensiprofesional guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasibelajarsiswa, dan bagaimana pengaruh kompetensi profesioal guru pendidikan agama islam terhadap prestasi belajarsiswa. Pembahasantesisinidimaksudkanuntukmengetahui kompetensi guru pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap prestasibelajarsiswa. Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum, metode pembelajaran dan lain sebagainya tanpa didukung oleh guru yang berkompeten maka ia dalam menjalankan tugasnya akan tidak optimal. Seorang guru profesionl dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.Keempat kompetensi itu sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa maupun sikap individu siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensiprofesional guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikanagama Islam di SMA Negeri 1 Pemalang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pemalang yang berjumlah 1037 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak (random sample), mengingat populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yaitu 30 siswa. Penelitianinimenggunakanpendekatan kuantitatif, teknikpengumpulan data meliputiinstrumen, wawancara, danstudidokumentasi.Dan teknikanalisa data yang digunakandalampenelitianinidenganmenggunakanteknikproduct moment. Dari hasilpengolahan data yangdidapat langkah selanjutnyadiklasifikasikan dan diolah sehingga menghasilkan data akhir dengan Rxy sebesar = 0,397 yang berarti terdapat hubungan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa walaupun hubungan positif itu hanya pada tingkat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa kompetensi professional guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan agama islam meskipun hanya pada taraf rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Profesional Guru PAI, Prestasi Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 23 May 2016 07:18
Last Modified: 14 Oct 2016 00:57
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item