Fauziyah, Uyunul (2015) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF MAPEL PAI DENGAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 02 SRAGI PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1.COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1 OK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
12.BAB 2 OK.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
13.BAB 3 OK.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB 4 OK.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
15.BAB 5 OK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang sangat urgent atau penting. Hal itu disebabkan karena PAI tidak hanya belajar dan focus pada teori-teori saja, tetapi ditekankan pada praktek di kehidupan sehari-hari siswanya.keputusan atau pemikiran (kognitif) yang dibuat untuk melakukan tindakan antara siswa satu dengan yang lain berbeda, hal ini disebabkan adanya perbedaan perkembangan kemampuan kognitif pada masing-masing siswa. Ada siswa yang kemampuan kognitifnya baik pada mapel PAI tetapi sikap keberagamaanya kurang baik dan sebaliknya juga terdapat siswa yang kemampuan kognitifnya kurang baik pada mapel PAI tetapi sikap keberagamaanya justru baik. Atas dasar pemikiran diatas maka rumusan masalah ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan kognitif Mapel PAI siswa, bagaimana sikap keberagamaan siswa, dan bagaimana korelasi kemampuan kognitif mapel PAI terhadap sikap keberagamaan siswa. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengeksplor kemampuan kognitif siswa, untuk memahami bagaimana sikap keberagamaa nsiswa, dan untuk mengetahui besarnya korelasi kemampuan kognitif terhadap sikap keberagamaan siswa. Adapun kegunaan skripsi ini adalah diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan agama, untuk meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar PAI dan mengembangkan kemampuan kognitif sehingga dapat mengembangkan sikap keberagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di SMP Negeri 02 sragi pekalongan, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penulis mengambil sampel siswa kelas VIII sebanyak 40 siswa menggunakan sistem random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (kemampuan kognitifmapel PAI) dan variabel terikat (sikap keberagamaan siswa). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, interview, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pembuktian nilai product momentatau uji hipotesis. Setelah penelitian ini di analisis maka dapat diketahui hasilnya sebagai berikut: menunjukkan bahwa kemampuan kognitif mapel PAI siswa menghasilkan nilai rata-rata 95. Sedangka sikap keberagamaan siswa dalam kategori sangat baik pada interval 60-65. Kemudian dari hasil analisis hipotesis (uji r-hitung) dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif mapel PAI mempunyai korelasi dengan sikap keberagaman siswa SMP Negeri 02 Sragi Pekalongan. Hal ini dapat dilihat pada taraf signifikan 5% , nilai r hitung =0,806468342 >r tabel = 0,312. Demikian pula pada taraf signifikan 1% rhitung =0,806468342> rtabel=0,403 sehingga hipotesis diterima.dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif Mapel PAI sangat berperan dalam mempengaruhi sikap keberagamaan siswa di SMP Negeri 02
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Mapel PAI, meningkatkan sikap Keberagamaan siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 19 May 2016 02:19 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 22:09 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/234 |
Actions (login required)
View Item |