Yuli, Sari Dien (2015) IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK A TK ABA 02 COMAL KABUPATEN PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. pernyataan keaslian.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
3. nota pembimbing.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar isi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab 1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
14. Bab V.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Anak usia dini/Taman Kanak-kanak merupakan masa usia emas, di mana pada usia ini merupakan masa yang sangat penting dalam keseluruhan tahap manusia. Pada masa ini terjadi lonjakan dalam perkembangan anak yang tidak akan terjadi pada periode berikutnya. Jenjang taman kanak-kanak juga merupakan tahap untuk memperkenalkan kepada anak tentang realitas lingkungan hidup yang lebih luas selain keluarganya. Anak usia Taman Kanak-kanak cenderung memandang sesuatu secara abstrak/keseluruhan, mereka belum dapat membedakan dan memisahkan pengetahuan tentang objek, oleh karena itu model pembelajaran di TK menggunakan model pembelajaran tematik, di mana pendekatannya pembelajaran dengan scientific approach, karena di dalamnya mengandung unsur mengamati, menanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Dengan diterapkannya pembelajaran dengan scientific approach di Taman Kanak-kanak khususnya TK ABA 02 Comal diharapkan bisa mengembangkan moral anak melalui scientific approach. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirumuskan permasalahan yaitu: (a) bagaimana proses pembelajaran scientific approach terhadap perkembengan moral anak di TK ABA 02 Comal, (b) faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan pembelajaran scientific approach dalam mengembangkan moral anak di TK ABA 02 Comal. Tujuan dari peniltian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran scientific approach dan untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam menerapkan pembelajaran scientific approach di TK ABA 02 Comal. Penelitian ini juga berguna untuk memperkaya ilmu di bidang pendidikan dan khususnya dalam mengembangkan moral anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field reseach), dan dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa dalam mengimplentasikan scientific approach dalam mengembangkan moral anak Kelompok A TK ABA 02 Comal sudah di terapkan dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaranya mulai dari pelaksanaan pembelajaran, materi yang diajarkan, metode pembelajarannya dan evaluasi sudah meliputi pembelajaran dengan scientific approach. Dengan diterapkannya pembelajaran scientific approach di TK ABA 02 Comal kelompok A moral anak menjadi lebih baik hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Scientific Approach dan Perkembangan Moral Anak |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 18 May 2016 00:43 |
| Last Modified: | 04 Nov 2016 00:40 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/214 |
Actions (login required)
| View Item |