EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI KELAS V MI WALISONGO TANGKIL TENGAH KEDUNGWUNI

Kamaliyah, Nahnu (2015) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN HADIS DI KELAS V MI WALISONGO TANGKIL TENGAH KEDUNGWUNI. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.cover.pdf

Download (31kB) | Preview
Preview
Text
2.PERNTAAN .pdf

Download (607kB) | Preview
Preview
Text
3.NOTA DINAS.pdf

Download (632kB) | Preview
Preview
Text
4.PENGESAHAN.pdf

Download (824kB) | Preview
Preview
Text
9. D A F T A R I S I.pdf

Download (57kB) | Preview
Preview
Text
10.Nahnu Kamaliyah (Bab I).pdf

Download (169kB) | Preview
Preview
Text
11.Nahnu Kamaliyah (Bab II).pdf

Download (313kB) | Preview
Preview
Text
12.Nahnu Kamaliyah (Bab III).pdf

Download (243kB) | Preview
Preview
Text
13.Nahnu Kamaliyah (Bab IV).pdf

Download (243kB) | Preview
Preview
Text
14.Nahnu Kamaliyah (Bab V).pdf

Download (13kB) | Preview
Preview
Text
15.Nahnu Kamaliyah (Daftar Pustaka).pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni adalah pembelajaran Alquran hadis. Dalam pembelajaran Alquran hadis di MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni selama ini guru lebih sering menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan siswa menjadi bosan. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar anak didik adalah dengan menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran. Metode diskusi adalah metode yang menuntut peran aktif siswa untuk berpikir dalam menghadapi suatu persoalan melalui proses interaksi dan individu atau lebih dengan saling bertukar informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni? bagaimana pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni? bagaimana efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode diskusi, pembelajaran Alquran hadis dan efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni dilakukan pada semester 2 selama 2 jam pelajaran atau setara dengan 2 x 35 menit = 70 menit. Kedua, Pembelajaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus yang ada. Ketiga, Efektivitas metode diskusi dalam peningkatan pembelajaran Alquran Hadis di kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni dapat dilihat dari meningkatnya daya serap pada pembelajaran Alquran Hadis siswa kelas V MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni sebelum dan sesudah menggunakan metode diskusi telah terjadi kenaikan. Sebelum menggunakan metode diskusi terdapat siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 15 siswa (57,70 %), sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 11 siswa (42,30 %). Namun, sesudah menggunakan metode diskusi terdapat siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 0 siswa (0 %), sedangkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa (100 %). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Alquran Hadis siswa kelas V di MI Walisongo Tangkil Tengah Kedungwuni sudah berjalan dengan baik, dan siswa sudah memahami penggunaan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi dalam Pembelajaran Alquran Hadis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 13 May 2016 06:50
Last Modified: 05 Dec 2016 00:17
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item