Khairuddin, Muhammad (2015) Peran Pondok Pesantren Miftahul Huda Dalam Pembinaan Akhlak Remaja Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2. surat pernyataan.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
4. Pengesahan.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Pondok Pesantren Miftahul Huda merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peranan yang strategis dalam membina akhlak dan moral bangsa dan Negara khususnya di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Karena pendidikan akhlak merupakan jiwa dari pendidikan Islam itu sendiri. Dan untuk mencapai akhlak yang sempurna juga merupakan tujuan yang sebenarnya dari pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran pondok pesantren Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan? Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran pondok pesantren Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni kab. Pekalongan. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pembinaan akhlak remaja di Desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Kegunaan penelitiaan secara teoritis dalam penelitian ini adalah hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, informasi dan sekaligus referensi yang berupa bacaan ilmiah. Sedangkan kegunaan secara praktis adalah Untuk memberikan gambaran tentang peran pondok pesantren Miftahul Huda dalam pembinaan akhlak remaja di desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber primer penelitian ini adalah Pengasuh pondok pesantren Miftahul Huda Pesantunan dan Ustadz pondok pesantren Miftahul Huda Pesantunan. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber-sumber data lain, buku-buku pustaka, dan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara (interview). Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pondok pesantren Miftahul Huda desa Pesantunan Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan sebagaimana diungkapkan oleh ust. Muhajirin dan ustadz Fakkhruddin sebagai berikut; 1) Peranan sebagai instrumental, Peran pesantren Miftahul sebagai instrumental maksudnya pondok pesantren Miftahul Huda merupakan alat atau wadah pembinaan akhlak remaja di desa Pesantunan. 2) Peranan sebagai fasilitator, Peran pesantren Miftahul Huda sebagai fasilitaator artinya pesantren Miftahul Huda berperan sebagai lembaga pemberi kesempatan kepada remaja desa Pesantunan untuk dibina akhlaknya. 3) Peranan sebagai mobilisator. Peran pesantren Miftahul Huda sebagai mobilisator artinya pondok pesantren Miftahul Huda berperan sebagai penggerak para remaja dan masyarakat desa Pesantunan dalam bidang keagamaan dan sosial. Faktor pendukung, yang meliputi: 1). Adanya pengaruh Kyai, 2). Adanya interaksi sosial dan kerjasama yang baik antara pesantren dengan masyarakat dan alumni, 3) Adanya hubungan yang harmonis antara remaja desa dan santri pondok pesantren Miftahul Huda, 4) Adanya minat yang tinggi dari remaja. Faktor penghambat, yang meliputi: 1) Kurangnya jumlah ustadz yang membimbing, 2) Waktu yang berbenturan antara kegiatan keagamaan dan pekerjaan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
| Date Deposited: | 12 May 2016 04:31 |
| Last Modified: | 12 May 2016 04:31 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/185 |
Actions (login required)
| View Item |