Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA Takhassus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun 2014

Ubaidi, Muchamad (2015) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) Di SMA Takhassus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo Tahun 2014. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (972kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
4.PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (348kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (512kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB IV.pdf

Download (98kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Evaluasi pembelajaran mempunyai peranan penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran terutama sekolah yang menggunakan model Sistem Kredit Semester (SKS). Pelaksanaannya sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran dari tahap awal hinga akhir. Namun demikian, pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Takhassus al-Quran dalam beberapa tahapnya belum jelas. Hal ini terbukti dengan adanya tahapan-tahapan evaluasi pembelajaran yang belum dilakukan oleh pendidik. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Tahasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo? dan bagaimana konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Tahasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo?. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA Takhasus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo tahun 2014. dan konsep Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan di SMA Takhasus Al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo. Manfaat secara teoritis untuk menambah khazanah ilmiah bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan memberikan sumbangan pemikiran tentang evaluasi pembelajaran dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Sedangkan manfaat secara praktis bagi peneliti adalah diharapkan dengan penelitian ini akan menambah wawasan dengan mengadakan studi secara langsung, bagi pendidik supaya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kembali rencana pelaksanaan evaluasi pembelajaran di sekolah dan bagi lembaga terutama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, dapat menambah referensi bacaan mengenai pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research). Sumber primer dalam penelitian ini antara lain yakni; pendidik dan peserta didik SMA Takhassus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo. Sedangkan sumber sekunder yakni kepala sekolah, WAKA kurikulum dan dokumen yang berkaitan dengan data penelitian dan sumber lain yang relevan dengan penelitian yang dijadikan sumber pendukung dari sumber data utama. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka. Hasil penelitian adalah Sistem Kredit Semester yang dilaksanakan di SMA Takhassus al-Quran adalah kurikulum yang digunakan di SMA Takhasus al-Quran Kalibeber Kabupaten Wonosobo adalah kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester dan moving class sebagai model pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran fleksible dengan pola on-off. Penjurusan program studi Matematika dan Sains, Ilmu Sosial dan Bahasa dan Humaniora dilakukan diawal semester 1(satu). Tersedianya program yang bervariatif dan luwes dengan didukung kelengkapan administrasi dan pengelolaan administratif yang baik. Sedangkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, pendidik memulainya dengan membuat perangkat pembeajaran kemudian digunakan dalam proses pembelajaran dan pada akhirnya mengevaluasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Sistem Kredit Semester (SKS).
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus stain pekalongan
Date Deposited: 12 May 2016 04:00
Last Modified: 12 May 2016 04:00
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item