Mahfud, Moh. Amin (2015) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI WONOKERTO 01 KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (865kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (963kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Peran seorang guru sangatlah signifikan dalam proses belajar mengajar. Salah satu tugas guru dalam proses belajar mengajar adalah menciptakan lingkungan belajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru PAI yaitu guru yang mempunyai tugas memberikan pendidikan agama islam, tugas itu merupakan usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik dalam meyakini, memahami, menghayati pengajaran atau latihan memperhatikan tuntunan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk menjadikan persatuan dan kesatuan nasional. Dewasa ini, banyak siswa yang kurang termotivasi untuk belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap siswa yang acuh terhadap proses pembelajaran, tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Mereka cenderung kurang begitu semangat menghadapi pelajaran. Oleh karena itu, inilah yang menjadi tantangan para guru, terlebih guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar kepada para peserta didik. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Apa saja faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif yaitu mengungkapkan dan memaparkan data serta fakta yang sesuai dengan keadaan sebenarnya. Setelah melakukan pengamatan dan pengumpulan data didapatkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Wonokerto 01 Kecamatan Bandar Kabuapaten Batang dilakukan melalui berbagai peran yakni membimbing, memberi nasihat, menguasai materi, mengelola kelas, mediator, fasilitator, melakukan evaluasi, melakukan inovasi dan menjadi suri tauladan. Adapun yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor guru mengajar meliputi: metode yang digunakan, alat dan media pembelajaran, hubungan guru PAI dengan siswa, figur guru PAI di sekolah. Faktor siswa meliputi: kondisi siswa di dalam kelas, kondisi kesehatan siswa, kondisi psikologis siswa, kondisi kelelahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru, motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 12 May 2016 02:19 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 01:52 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |