PELAKSANAAN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN 2 JUZ DI SDIT ULUL ALBAB PEKALONGAN

Itaqillah, I (2015) PELAKSANAAN KURIKULUM PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN 2 JUZ DI SDIT ULUL ALBAB PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.cover.pdf

Download (74kB) | Preview
Preview
Text
2. Pernyataan keaslian.pdf

Download (840kB) | Preview
Preview
Text
3. Nota pembimbing.pdf

Download (758kB) | Preview
Preview
Text
4. Pengesahan.pdf

Download (942kB) | Preview
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
Preview
Text
10.BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (418kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB 2.pdf

Download (427kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB 3.pdf

Download (365kB) | Preview
Preview
Text
13.BAB 4.pdf

Download (306kB) | Preview
Preview
Text
14.BAB 5.pdf

Download (148kB) | Preview
Preview
Text
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Program tahfidz Al-Qur’an jarang dilakukan di lembaga formal setingkat SD. Menghafal Al-Qur’an di usia dini akan lebih potensial daya serapnya terhadap materi-materi yang dibaca dan dihafal serta didengarnya. Dalam memaksimalkan tujuan tersebut diperlukan adanya kurikulum pembelajaran yang jelas, sehingga pembelajaran akan lebih terarah. Kurikulum merupakan jantung pendidikan yang dapat menggambarkan kompetensi outcome dari program pendidikan. . Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah: bagaimana kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan, bagaimana pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan, mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Sedangkan kegunaannya diharapkan dapat memperkaya khazanah dalam dunia pendidikan dan memberikan sumbangan pikiran bagi pendidik dan orang tua dalam mempersiapkan anak didiknya agar mencintai menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti berminat menelaah dan menganalisis tentang pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa kurikulum program tahfidz Al-Qur’an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan memiliki tujuan agar siswa hafal juz 30 dan juz 29. Metode yang digunakan adalah metode talqin musyafahah, metode takrir, metode talaqqi dan metode mandiri. Evaluasinya meliputi tes kenaikan ayat, tes kenaikan surat dan sidang tahsis tahfidz. Sedangkan hasil yang dicapai telah memenuhi target dan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Adapun faktor yang menjadi pendukung pelaksanaan kurikulum program tahfidz Al-Qur'an 2 juz di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian guru, pemberian penghargaan (reward) dan adanya perangkat pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambatnya meliputi input siswa yang berbeda dalam hal kemampuan membaca Al-Qur’an, jumlah siswa perkelompok yang terlalu banyak, fasilitas yang kurang memadai serta perhatian orang tua yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Program Tahfidz Al-Qur’an.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: perpus Agus Arwani, M.Ag.
Date Deposited: 10 May 2016 06:33
Last Modified: 12 Oct 2016 00:05
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item