Ikrimah, I (2015) GAYA BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2013 DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI STAIN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah dan dalam situasi antar pribadi. Ketika mahasiswa telah mengenali gaya belajar yang dimilikinya, maka mahasiswa dapat menerapkan cara belajar yang baik dan sesuai dengan gaya belajarnya, sehingga mahasiswa dapat memaksimalkan prestasi belajar akademik maupun non-akademik. Untuk mengetahui masing-masing gaya belajar individu maka diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai gaya belajar yang lebih detail dan mempelajari langkah-langkah apa yang dapat diambil untuk memilih strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu bagaimana gaya belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2013 dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di STAIN Pekalongan, dan bagaimana prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2013 di STAIN Pekalongan. Tujuannya yakni untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2013 dalam upaya meningkatkan prestasi belajar di STAIN Pekalongan, untuk mengetahui prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2013 di STAIN Pekalongan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2013 mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang menggunakan gaya belajar visual yang bersandar pada penglihatan ketika menyerap informasi, rajin mencatat, belajar melalui grafik, gambar, maupun tulisan. Ada yang menggunakan gaya belajar auditorial yang mengandalkan pendengaran, senang berdiskusi dan ketika membaca buku dengan bersuara. Ada pula yang menggunakan gaya belajar kinestetik yang lebih mengutamakan tangan dalam belajar, baik dalam menyentuh atau bergerak. Dari ketiga gaya belajar itu yang banyak digunakan adalah gaya belajar auditorial. Adapun prestasi belajar dari mahasiswa PAI angkatan 2013 yang menggunakan gaya belajar visual memperoleh IPK dari 3,27-3,4. Sedangkan yang menggunakan gaya belajar auditorial memperoleh IPK dari 3,63-3,7. Dan yang menggunakan gaya belajar kinestetik memperoleh IPK 3,51. Dengan rata-rata 3,48, angka ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa angkatan 2013 amat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar dan Prestasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 09 May 2016 01:27 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 07:25 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/143 |
Actions (login required)
View Item |