METODE PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’ĀN DI PONDOK PESANTREN NURUL ATHFAL ULUJAMI-PEMALANG

Khafidhoh, Ni’matul (2016) METODE PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’ĀN DI PONDOK PESANTREN NURUL ATHFAL ULUJAMI-PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
Preview
Text
02. PERNYATAAN.pdf

Download (25MB) | Preview
Preview
Text
03. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (25MB) | Preview
Preview
Text
04. PENGESAHAN.pdf

Download (23MB) | Preview
Preview
Text
07. ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
Preview
Text
09. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (360kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (503kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (433kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwa pembelajaran ilmu tajwid sangat penting karena ilmu tajwid adalah alat yang digunakan dalam membaca alQur’ān sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan membaca al-Qur’ān dan menjadikan fasih. Pembelajaran ilmu tajwid yang dipelajari di Pondok Pesantren Nurul Athfal berbeda dengan Pondok Pesantren lainnya. Di Pondok Pesantren Nurul Athfal terdapat empat pelajaran ilmu tajwid yaitu kitab Hidayatus Shibyan, Tuhfatul Athfal, Musthalahut Tajwid dan Hidayatul Mustafid. Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana metode pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang? apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini memberikan masukan bagi asatidz terutama yang mengajar ilmu tajwid untuk memperhatikan kefasihan santri membaca al-Qur’ān dan menjadikan motivasi santri dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren NurulAthfal UlujamiPemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān sudah berjalan baik dengan menggabungkan berbagai metode seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode driil, metode hafalan, metode demonstrasi dan metode resitasi. Namun tingkat kefasihan yang dicapai santri dalam membaca al-Qur’ān tiap kelas berbeda-beda tergantung kriteria penilaian ustadznya. Jadi tidak mesti kelas yang tinggi tingkat kefasihan lebih tinggi dari pada kelas bawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Ilmu Tajwid, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:31
Last Modified: 14 Nov 2016 02:31
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item