Khafidhoh, Ni’matul (2016) METODE PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN SANTRI MEMBACA AL-QUR’ĀN DI PONDOK PESANTREN NURUL ATHFAL ULUJAMI-PEMALANG. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
01. COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
02. PERNYATAAN.pdf Download (25MB) | Preview |
|
|
Text
03. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (25MB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGESAHAN.pdf Download (23MB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
09. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa pembelajaran ilmu tajwid sangat penting karena ilmu tajwid adalah alat yang digunakan dalam membaca alQur’ān sehingga terhindar dari kesalahan-kesalahan membaca al-Qur’ān dan menjadikan fasih. Pembelajaran ilmu tajwid yang dipelajari di Pondok Pesantren Nurul Athfal berbeda dengan Pondok Pesantren lainnya. Di Pondok Pesantren Nurul Athfal terdapat empat pelajaran ilmu tajwid yaitu kitab Hidayatus Shibyan, Tuhfatul Athfal, Musthalahut Tajwid dan Hidayatul Mustafid. Rumusan masalah yang diungkap adalah bagaimana metode pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang? apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran ilmu tajwid di Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān Pondok Pesantren Nurul Athfal Ulujami-Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini memberikan masukan bagi asatidz terutama yang mengajar ilmu tajwid untuk memperhatikan kefasihan santri membaca al-Qur’ān dan menjadikan motivasi santri dalam meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’ān di Pondok Pesantren NurulAthfal UlujamiPemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam meningkatkan kefasihan santri membaca al-Qur’ān sudah berjalan baik dengan menggabungkan berbagai metode seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode driil, metode hafalan, metode demonstrasi dan metode resitasi. Namun tingkat kefasihan yang dicapai santri dalam membaca al-Qur’ān tiap kelas berbeda-beda tergantung kriteria penilaian ustadznya. Jadi tidak mesti kelas yang tinggi tingkat kefasihan lebih tinggi dari pada kelas bawah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran, Ilmu Tajwid, Santri, Pondok Pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 02:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 02:31 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1256 |
Actions (login required)
View Item |