PLAGIARISME DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PAI STAIN PEKALONGAN ANGKATAN 2013 (PENDEKATAN FENOMENOLOGIS)

Aisyah, Aisyah (2016) PLAGIARISME DALAM PENYUSUNAN KARYA ILMIAH MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PAI STAIN PEKALONGAN ANGKATAN 2013 (PENDEKATAN FENOMENOLOGIS). Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (5MB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (8MB) | Preview
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (240kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (372kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Penyusunan karya ilmiah memiliki ketentuan yang mengharuskan seorang penulis untuk mengutip pendapat seseorang. Ketidakpahaman terhadap penulisan karya ilmiah dan plagiarisme dapat menyeret seseorang melakukan tindakan tersebut. Terlebih lagi untuk penulis awam seperti mahasiswa. Mahasiswa, khususnya mahasiswa PAI dalam kesehariannya dihadapkan dengan tugas penyusunan karya ilmiah. Dan hal ini membuat mahasiswa harus mengetahui penulisan karya ilmiah yang benar dan pemahaman terhadap plagiarisme. Namun adanya fasilitas seperti mudahnya akses internet bisa membuat mahasiswa enggan mencari referensi dan melakukan cara instan yaitu dengan copy paste. Selain itu ketidakpahamannya dan pandangannya tentang plagiarisme dan penulisan karya ilmiah yang baik juga dapat menyeretnya untuk melakukan tindakan plagiasi. Karena pandangan seseorang terhadap plagiarisme juga menjadi pemicu tindakan plagiarisme dan tindakan awal seseorang tentunya berasal dari dirinya sendiri dan salah satunya bermula dari kesadarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal, yaitu bagaimana plagiarisme dalam penyusunan karya ilmiah mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan angkatan 2013, bagaimana pandangan mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan angkatan 2013 tentang plagiarisme dan apa saja faktor yang menyebabkan plagiarisme dalam penyusunan karya ilmiah mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan angkatan 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi plagiarisme dalam penyusunan karya ilmiah mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan angkatan 2013, untuk mengetahui pandangan mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan tentang plagiarisme, dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab plagiarisme dalam penyusunan karya ilmiah mahasiswa jurusan Tarbiyah prodi PAI STAIN Pekalongan angkatan 2013. Kegunaan skripsi ini secara teoritis menambah khasanah keilmuan mengenai plagiarisme dan sebagai bahan kajian bagi pembaca, sedangkan kegunaan praktisnya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan bagi STAIN Pekalongan dalam membudayakan iklim akademik yang menjunjung nilai-nilai kejujuran, sebagai bahan masukan bagi mahasiswa untuk senantiasa menghindari tindakan plagiasi dalam bentuk apapun dan senantiasa menanamkan nilai-nilai kejujuran, dan dapat dijadikan sebagai wawasan pengetahuan bagi penulis dalam membuat karya ilmiah. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini menggunakan model pendekatan fenomenologis. Fenomenologi digunakan sebagai anggapan umum untuk menunjuk pada pengalaman subjektif dari berbagai jenis dan tipe subjek yang ditemui. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis sederhana (analisis manual) untuk mendeteksi plagiarisme dalam penyususnan karya ilmiah (makalah) dan analisis menurut Miles dan Huberman untuk menganalisis hasil wawancara mengenai pandangan mahasiswa tentang plagiarisme dan faktor-faktor yang menyebabkan plagiarisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa plagiarisme dalam penyusunan karya ilmiah mahasiswa Tarbiyah program studi PAI angkatan 2013 terdapat beberapa tipe yaitu plagiat langsung, plagiat karena kutipannya tidak jelas atau salah kutip, plagiat mosaik atau plagiat kata demi kata, CTRL-C, dan plagiat atas sumber. Dari kelima tipe atau jenis plagiat yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Tarbiyah program studi PAI angkatan 2013 tipe yang berada pada tingkat pertama yaitu plagiat langsung, dimana dari 10 makalah terdapat 9 makalah yang termasuk kategori plagiat langsung. Tingkat kedua yaitu plagiat tipe CTRL-C, dimana dari 10 makalah terdapat 7 makalah yang termasuk kategori plagiat tipe CTRL-C. Tingkat ketiga yaitu plagiat atas sumber, dimana dari 10 makalah terdapat 7 makalah yang termasuk kategori plagiat tipe atas sumber. Tingkat keempat yaitu plagiat kutipan tidak jelas atau salah kutip, dimana dari 10 makalah terdapat 3 makalah yang termasuk kategori plagiat tipe salah salah kutip ini. Dan tingkat kelima yaitu plagiat mosaik, dimana dari 10 makalah terdapat 1 makalah yang termasuk kategori plagiat mosaik. Pandangan mahasiswa mengenai plagiarisme yaitu Pertama, plagiarisme merupakan tindakan yang tidak baik dan harus dihindari karena tindakan tersebut merugikan orang lain. Kedua, plagiarisme merupakan tindakan yang wajar. Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa Tarbiyah program studi PAI angkatan 2013 melakukan plagiat yiatu pertama, tidak adanya atau tidak ditemukannya buku referensi sehingga mahasiswa kepepet melakukan tindakan plagiat. Kedua, ketidakpahaman mahasiswa terhadap plagiarisme dan tatacara pengutipan. Ketiga, unsur kesengajaan karena malas mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, karya ilmiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2016 02:07
Last Modified: 14 Nov 2016 02:07
URI: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item