PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH

Choirini, Sitta May (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (62kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (76kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
Preview
Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (192kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (331kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB IV.pdf

Download (571kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Beberapa masalah penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar adalah diantaranya kreativitas guru dan motivasi belajar siswa. Melihat realita yang terjadi sekarang bahwa tidak jarang siswa malas mengikuti pelajaran di kelas disebabkan salah satunya adalah faktor kreativitas guru yang rendah sehingga siswa menjadi tidak tertarik untuk belajar. Dengan demikian, harapan guru agar hasil belajar siswa memuaskan dan maksimal tidak tercapai dengan baik. Guru yang kreativitasnya tinggi maka akan dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi baik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran al-qur’an hadits pada siswa kelas x jurusan agama di MAN Batang?. (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?. (3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?. (4) bagaimana pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas x jurusan agama pada mata pelajaran al-qur’an hadits di MAN Batang?. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan lokasi yang di teliti adalah Madrasah Aliyah Negeri Batang, Desa Karangasem Selatan, Batang. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru (x1), motivasi belajar siswa (x2) dan hasil belajar siswa (y). Sampel penelitian sebanyak 27 responden di kelas X Jurusan Agama. Metode dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier ganda untuk mengetahui korelasi dan pengaruh dari masing-masing variabel. Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan kreativitas guru dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dapat diketahui dari taraf signifikasi 0.05 dk pembilang 2 dan dk penyebut 24 nilai F hitung sebesar 11,083 lebih besar dari pada F table 5% yaitu 3,403. Adapun sumbangan kontribusi variable kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa sebesar 52,36% sedangkan sisanya sebesar 47,64% dipengaruhi oleh varian lain (unexplained factors) di luar model penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru, Motivasi Belajar, Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2016 11:39
Last Modified: 11 Nov 2016 11:39
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item