STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM TAKHASUS MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDHATUL ULAMA BUARAN PEKALONGAN

Maulida, Hikmatul (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM TAKHASUS MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDHATUL ULAMA BUARAN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (6MB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB I .pdf

Download (264kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (204kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB IV.pdf

Download (196kB) | Preview
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
Preview
Text
17. Daftar Pustaka REVISI MUNQOS.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://www.stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Program Takhasus Buaran Pekalongan, adalah lembaga pendidikan Islam dibawah nauangan LP Ma’arif NU yang menggabungkan Kurikulum Departemen Agama (Depag) dan Departemen Pendidikan Nasional (Diknas) dan pengembangan diri/ ketrampilan dengan sistem Semi Full Day. Metode pembelajarannya yang diterapkan melibatkan 2 guru sekaligus dalam satu kelas untuk membimbing siswanya. Ruang kelas yang dilengkapi dengan sarana prasarana yang mencukupi seperti LCD Proyektor dan Komputer. Wajib hafal juz ke 30. Selain itu bentuk ke khususannya adalah memunculkan sebuah program pembelajaran takhasus untuk anak dikalangan warga nahdliyin dengan mewujudkan kekhususan anak dibidang tahfidzul qur’an dan makhorijul huruf yang unggul. Rumusan masalah Dalam penelitian ini, adalah Bagaimana strategi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulana Buaran, Bagaimana strategi pembelajaran pada Program Takhasus Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulana Buaran dan apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama islam di Program Takhasus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah analisis data mencakup: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdhatul Ulama Buaran secara Umum penggunaan strategi pembelajaran yang diterapkan adalah penggunaan strategi ekspositori. Sedangkan pada Program Takhasus strategi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Ulama menggunakan Strategi Pembelajaran yang berbeda yakni strategi Konstektual, begitupula dalam bidang kurikulum terlebih pada Pendidikan Agama Islam, ada kurikulum tambahan yang dimasukkan yakni kurikulum PAI kepesantrenan. Dengan pendekatan menggunakan Student Centered Approach. Dan metode yang digunakan adalah Metode seperti Ceramah, Hafalan, Diskusi, Tanya Jawab, Audio Visual, dan Praktek. Dan faktor pendukung yakni adanya Peran aktif Orang tua, Peran aktifnya guru dengan kepala sekolah untuk melaksanakan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Kurangnya Sarana dan Prasarana, Efisiensi waktu, yang dimaksudkan disini adalah kedisiplinan siswa, keterlambatan seorang siswa dalam calistung menjadikan kelas tidak efektif bagi siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, PAI, Program Takhasus
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 11 Nov 2016 11:31
Last Modified: 11 Nov 2016 11:31
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item