Nasikhah, Durrotun (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM AKSELERASI DI SMP ISLAM PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (19MB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (19MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (22MB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam diharapkan mampu memberikan nuansa baru bagi sistem pengembangan pendidikan di Indonesia dan dapat membangun watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran PAI sangat penting untuk dilaksanakan di sekolah.Anak berbakat atau siswa cerdas istimewa merupakan aset yang potensial untuk dikembangkan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu menjadi kewajiban bagi setiap pendidik untuk berupaya secara optimal memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui program akselerasi (percepatan belajar). Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka rumusan masalahyang ada adalah sebagai berikut: Bagaimana desain-desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di SMP Islam Pekalongan?, bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam program akselerasidi SMP Islam Pekalongan?, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan?. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui desain-desain pembelajaran pendidikan agama Islam pada program akselerasi di SMP Islam Pekalongan, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program akselerasidi SMP Islam Pekalongan, faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program akselerasi di SMP Islam Pekalongan. Dan kegunaan penelitian ini ada dua yaitu kegunaan teoritis dan praktis. Kagunaan teoritisnya yaitu menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program akselerasi (percepatan) yang memuat prinsip-prinsip serta tujuan pendidikan agama islam bagi pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya. Sedangkan kegunaan praktisnya adalah untuk memberikan masukan, motivasi dan pemahaman tentang implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Program Akselerasi (percepatan) di SMP Islam Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), dengan mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati yaitu berupa data primer dan sekunder. Menganalisa data dengan cara deskriptif (non statistik) dan dilakukan dengan cara induktif, yaitu analisis dilakukan sejak awal pengumpulan data sampai akhir untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran PAI dalam program akselerasi SMP Islam Pekalongan, secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran adalah hampir sama dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas reguler, baik itu meliputi kurikulum yang dipergunakan, metode pembelajaran, maupun sistem evaluasinya. Guru yang mengajar program akselerasi adalah guru-guru yang berkompeten dan sebelumnya telah dipersiapkan dalam suatu loka karya dan work shop.Peserta didik yang masuk program akselerasi adalah peserta didik yang pilihan harus melewati beberapa tes dan IQ yang dimiliki adalah 130 skala wescier.Proses pembelajaran pada program akselerasi ini jangka waktu untuk 1 semester kurang lebih 4 bulan. Dalam penyusunan kurikulum dan jadwal programnya disesuaikan dengan kalender pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akselerasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | perpus Agus Arwani, M.Ag. |
Date Deposited: | 04 May 2016 00:40 |
Last Modified: | 23 Nov 2016 00:04 |
URI: | http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/125 |
Actions (login required)
View Item |