PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP SALAFIYAH KOTA PEKALONGAN

Malvina, Rizqa (2016) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP SALAFIYAH KOTA PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
Preview
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (138kB) | Preview
Preview
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (165kB) | Preview
Preview
Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (226kB) | Preview
Preview
Text
7..ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
Preview
Text
9.DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB) | Preview
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB III.pdf

Download (260kB) | Preview
Preview
Text
13.BAB IV.pdf

Download (152kB) | Preview
Preview
Text
14.BAB V.pdf

Download (146kB) | Preview
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Latar Belakang dalam penelitian ini adalah, pendidikan dewasa ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan dan memperkuat jati diri bangsa dan pada saat yang sama menyiapkan warga masyarakat menjadi warga dunia yang tangguh. Untuk itu, pendidikan hendaknya memberikan perhatian besar pada pengembangan kebajikan dan karakter, tidak hanya pada pengembangan kompetensi dan seorang guru bukan hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih penting pula membangun watak, karakter dan pribadi anak didiknya dengan akhlak dan ajaran-ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana peran Guru Agama Islam dalam menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Kota Pekalongan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran Guru Agama Islam dalam menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Guru Agama Islam dalam menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Kota Pekalongan dan untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini berguna untuk menambah pembahasan tentang menanamkan pendidikan karakter yang dapat diterapkan di lembaga pendidikan formal, khususnya di SMP Salafiyah Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan jalan memilah dan menelaah data-data yang ada kaitannya dengan permasalahan judul skripsi sehingga akan menghasilkan data deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Guru Agama Islam dalam menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Pekalongan, dalam perannya sebagai pendidik dalam pendidikan karakter, guru bertugas untuk membina siswa agar mempunyai karakter yang baik yaitu: guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, dan penilai. Adapun Faktor pendukung dan penghambat peran Guru Agama Islam dalam menanamkan Pendidikan Karakter di SMP Salafiyah Pekalongan, pendukungnya, a). Pelaksanaan shalat berjamah, doa bersama setiap pagi “Wirdus Shobah”, sholat dhuha berjamaah b). Pamflet yang dipasang di tembok tembok sekolah. penghambatnya, a). Masih kurangnya guru yang belum menggunakan pembiasaan-pembiasaan dalam pembentukan karakter b). Siswa kurang tanggap ketika diberi penjelasan c). Jarak tempuh rumah siswa bisa menjadi kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru, Pendidikan Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 10 Nov 2016 02:08
Last Modified: 10 Nov 2016 02:08
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item