Agustinus H, Andrian (2016) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT KURIKULUM 2013 DI SMP ISLAM PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. COVER.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2.PERNYATAAN.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
3.NOTA DINAS.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
4.PENGESAHAN.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar isi.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
11.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
14.BAB III.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
16..BAB V.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 merupakankurikulumterbaru yang memfokuskanpadapesertadidikuntuklebihaktifdenganmengubahkonsep, yang semulasiswadiberitahu, sekarangsiswa yang mencaritahu. Dan di Pekalongan, padatingkatSekolahMenengahPertama (SMP) tepatnyapada semester genaptahunajaran 2013/2014 kurikulum 2013 baruditerapkan, yang slahsatunyaadalah SMP Islam Pekalongandandalampenerapannyahanyapadakelas VII saja. Dalampenerapankurikulum 2013 initentumenarikuntukditelitidariawalpersiapanpembelajaran yang dilakukanoleh guru danpihaksekolah, proses pembelajaran di dalamkelas, hinggafaktor yang mendukungdanmenghambatdari proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalahbagaimanaimplementasistandar proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan, apafaktorpendukungdanpenghambatdalamimplementasistandar proses pembelajaranpendidikan agama islammenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanimplementasistandar proses pembelajaranmenurutkurikulum2013 di SMP Islam Pekalongan. Sedangkankegunaanpenelitianiniadalahuntukmemberikankontribusipemikirandanpen getahuandalamlingkunganpendidikan yang berkaitan proses pembelajaranmenurutkurikulum 2013 dansebagaiinformasibagisekolahkhususnya guru untuklebihmemahamitentangkonsepkurikulum 2013. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapanagan (field research) yaitupenelitian yang dalammenyajikan data berbentuk verbal danakanmemaparkankeadaanataufenomena yang terjadi di lapangan yang terkaitdenganobjekpenelitian. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifadalahpendekatan yang digunakanuntukmengolah data tanpahitunganangka(statistik), tetapimelaluipemaparanpemikiranataufenomena yang terjadidalamkehidupanmasyarakat. Penelitianinimendeskripsikanstandar proses pembelajaranPendidikan Agama Islam menurutkonsepkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan, denganmempersiapkanberbagaihalterkaitpembelajaran, mengacupadapendekatansaintifiksaat proses pembelajaranyaitumengamati, menanya, menumpulkaninformasi, mengasosiasi, danmengkomunikasikan, penilaian yang digunakanadalahpenilaianautentik. Artinya, penilaiansebenarnya, penilaianinimencakupsemuaranahpembelajaran, yaitusikap, pengetahuandanketrampilan.Terdapat pula faktorpendukungdanpenghambatdalampengimplementasian proses pembelajaranmenurutkurikulum 2013 di SMP Islam Pekalongan yang butuhperhatiankhususgunamencapaitujuanpendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Kurikulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 08 Nov 2016 06:51 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 06:51 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
View Item |