UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN MODEL BOARDING SCHOOL DI MAS SIMBANG KULON PEKALONGAN

Alatas, Aminah Balgis (2016) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DALAM PENDIDIKAN MODEL BOARDING SCHOOL DI MAS SIMBANG KULON PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (117kB) | Preview
Preview
Text
02. PERNYATAAN.pdf

Download (5MB) | Preview
Preview
Text
03. HALAMAN NOTA PEMBIMBING.pdf

Download (135kB) | Preview
Preview
Text
04. PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview
Preview
Text
08. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
Preview
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (335kB) | Preview
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (545kB) | Preview
Preview
Text
15. BAB IV.pdf

Download (295kB) | Preview
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadi kegelisahan nasional tentang rusaknya karakter bangsa. Dikatakan rusak karena sudah menyimpang jauh atau bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Pendidikan sangatlah memengaruhi pola pikir anak sebagai calon generasi muda bangsa. Maka dari itu, sangatlah dibutuhkan sistem pendidikan yang baik untuk membentuk moral anak bangsa dan menanamkan karakter disiplin bagi anak sejak masa sekolah. MAS Simbang Kulon Pekalongan khususnya jurusan keagamaan merupakan lembaga pendidikan yang dianggap dapat menjadi wadah penanaman dalam pembentukan karakter peserta didik di tengah zaman yang mengharuskan adanya pembenahan sistem pendidikan yang berkaitan dengan moral anak bangsa. Dari uraian tersebut dirumuskan permasalahan yaitu: bagaimana upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model Boarding School di MAS Simbang Kulon Pekalongan dan apa faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model Boarding School di MAS Simbang Kulon Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Kegunaannya hasil penelitian ini dapat berguna sebagai kontribusi atau untuk memberikan informasi dalam pengembangan penelitian selanjutnya, sebagai sumbangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non Probalility sampling jenisnya purposive sampling. Data primer yang didapat dari kepala sekolah, pengurus boarding school, pendidik, pengasuh boarding school, peserta didik asrama, dan data sekunder yaitu datadata yang diperoleh dari sumber lain yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kualitatif model interaktif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembiasaan dalam pendidikan model boarding school di MAS Simbang Kulon Pekalongan di dalamnya terdapat pelaksanaan pembelajaran diantaranya memadukan kurikulum (materi wajib), kegiatan Ekstrakulikuler (kegiatan tambahan) dan kegiatan harian (rutin). Kegiatankegiatan yang ada di dalam boarding school ini dianggap cukup positif dan berhasil karena adanya controling (pengawasan) selama 24 jam oleh pengasuh boarding school juga adanya reward and punishmant dalam setiap kegiatan yang ada serta diimbangi dengan materi-materi keagamaan yang sangat membantu dalam pembentukan karakter peserta didik terutama pembentukan karakter disiplin yang di dalamnya menggunakan metode hafalan, bandongan, sorogan, pembiasaan dan keteladanan yang dilaksanakan oleh seluruh peserta didik boarding school di MAS Simbang Kulon Pekalongan. Faktor pendukungnya adalah adanya komitmen bersama anatara pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, pengasuh, serta didukung oleh orang tua peserta didik dan warga sekitar. Dan faktor penghambatnya adalah latar belakang peserta didik yang variatif, kurangnya kerjasama yang baik dengan beberapa wali santri dan kegiatan warga sekitar boarding school yang terkadang mengganggu kegiatan peserta didik boarding school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pserta Didik, Disiplin, Model Pendidikan, Boarding School
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:12
Last Modified: 03 Nov 2016 02:12
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item