Afina, Fitri Nur (2016) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 WONOPRINGGO PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. SAMPUL.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
2. PERNYATAAN.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
3. NOTA PEMBIMBING.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru harus dirubah, karena siswa pada hakikatnya bukanlah botol kosong yang terus menerus diisi dengan air. Siswa harus dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, dan pendidik harus memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkreasi. Pendidikan agama Islam merupakan bagian pendidikan yang amat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap dan nilai. Oleh karena itu pendidikan agama Islam perlu diketahui, dipahami dan diamalkan agar menjadi dasar kepribadian. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu 1) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran aktif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan. 2) faktor apa sajakah yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran aktif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan. Adapun tujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran aktif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan, serta faktor apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran aktif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo Pekalongan. Kegunaan secara teoritis dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang berhubungan dengan pelaksanaan model pembelajaran aktif. Bagi sekolah, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menunjang proses belajar mengajar. Bagi guru, dapat dijadikan informasi dan masukan agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara aktif melalui metode pembelajaran yang tepat. Bagi siswa, dapat dijadikan sebagai gambaran yang nyata tentang pelaksanaan model pembelajaran aktif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam sehingga peserta didik memiliki motivasi yang tinggi untuk meraih prestasi sebaik-baiknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan (verivikasi) data. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran aktif mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo dilaksanakan dengan metode yang bervariasi dan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar, serta disesuaikan dengan materi pelajaran agar tujuan dari materi pelajaran dapat dicapai dengan maksimal. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan model pembelajaran aktif untuk pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Wonopringgo adalah tujuan materi pelajaran, guru, siswa, lingkungan belajar, dan sarana prasarana.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
| Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:33 |
| Last Modified: | 02 Nov 2016 02:33 |
| URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1214 |
Actions (login required)
| View Item |