Inayah, Tsuwaibah Ummul (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI DALAM MENJALIN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.
|
Text
1. Cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
2.Pernyataan.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
3. Nota Pembimbing.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
4. Nota Pengesahan.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
9. Daftar Isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik, guru sebagai pendidik harus memiliki beberapa kompetensi salah satunya adalah kompetensi sosial. Dengan adanya kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru maka komunikasi yang efektif pun akan terjalin antara guru dengan siswa. Dalam pembelajaran PAI (tarikh) di SMP Muhammadiyah misalnya, guru tarikh menjalankan komunikasi yang baik dengan siswa, baik berupa penyampaian gagasan, materi pelajaran ataupun tentang kondisi siswa. Adanya komunikasi antar guru tarikh dengan siswa ini membuat siswa merasa nyaman dan tidak enggan untuk menyampaikan pendapat, keinginan ataupun permasalahan kepada guru. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu: “Bagaimana kompetensi sosial guru PAI di SMP Muhammadiyah Pekalongan dan bagaimana komunikasi antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pekalongan?”. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kompetensi sosial dari guru PAI dan komunikasi antara guru PAI dengan siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Pekalongan. Kegunaan teoritis diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan kompetensi sosial guru sehingga dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan siswa. Kegunaan praktis diharapkan berguna untuk memberikan acuan kepada kepala sekolah dan guru tentang pentingnya kompetensi sosial dalam menjalin komunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data yang diperlukan digali dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru PAI di SMP Muhammadiyah Pekalongan mempunyai kompetensi sosial yang baik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Komunikasi yang terjalin antara guru PAI dan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pekalongan termasuk kategori baik. Bisa dilihat dari guru tarikh yang memenuhi hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam menjalin komunikasi dengan siswa diantaranya, respect, empathy, audible, clarity dan humble.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi sosial guru, komunikasi siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan Junaeti S.Sos |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 01:38 |
Last Modified: | 28 Oct 2016 01:38 |
URI: | http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1203 |
Actions (login required)
View Item |