PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MIS REMBUN SIWALAN PEKALONGAN

Nurul Inayatissaniyyah, Nurul (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MIS REMBUN SIWALAN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, STAIN Pekalongan.

Preview
Text
1. cover.pdf

Download (106kB) | Preview
Preview
Text
2.pernyataan.pdf

Download (164kB) | Preview
Preview
Text
3.nota pembimbing.pdf

Download (186kB) | Preview
Preview
Text
4.pengesahan.pdf

Download (214kB) | Preview
Preview
Text
7.abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
9.daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview
Preview
Text
10.daftar tabel.pdf

Download (87kB) | Preview
Preview
Text
11.BAB I.pdf

Download (453kB) | Preview
Preview
Text
12.BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
Preview
Text
13.BAB III.pdf

Download (631kB) | Preview
Preview
Text
14.BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
Preview
Text
15.BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
Preview
Text
16.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://stain-pekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) proses menanamkan atau menyampaikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bukan hanya bercirikan padaaktivitas guru secara penuh tetapi harus dipandang sebagai proses kerjasama antar guru dan siswa dalam memanfaatkan segala fasilitas dan sumber daya yang ada agar siswa dapat belajar mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Namun, yang terjadi pada siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan ketika guru sedang menyampaikan materi pelajaran, siswa tidak sepenuhnya memperhatikan uraian guru. Ada siswa yang mengantuk, mengobrol sehingga proses KBM bersifat pasif. Untuk itulah guru dituntut untuk menyediakan dan mengembangkan berbagai media dan sumber belajar yang dapat membangkitkan minat belajar siswa. Permasalahan yang dibahas meliputi minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu tidak menggunakan media pembelajaran VCD, minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu menggunakan media pembelajaran VCD, serta pengaruh penggunaan media pembelajaran VCD terhadap minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu tidak menggunakan media pembelajaran VCD, minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu menggunakan media pembelajaran VCD, dan pengaruh penggunaan media pembelajaran VCD terhadap minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan bagi para guru di MIS Rembun Siwalan Pekalongan terutama terkait dengan minat belajar siswa sehingga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil langkah-langkah guna meningkatkan minat belajar siswa di sekolah, dan menambah cakrawala pengetahuan tentang media pembelajaran VCD serta sebagai masukan betapa pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu tidak menggunakan media pembelajaran VCDbaik. Minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan pada waktu menggunakan media pembelajaran VCD sangat baik. Penggunaan media pembelajaran VCD mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IV MIS Rembun Siwalan Pekalongan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan t test > t tabel, yaitu 5,208 >1,689 pada taraf signifikan 5%. Juga diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, VCD, Minat Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan Junaeti S.Sos
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:37
Last Modified: 27 Oct 2016 04:37
URI: http://elc.stain-pekalongan.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item